Thursday, September 08, 2016

BANGKIT DARI PENYESALAN

Kamis, 8 September 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Yesaya 43:1- 21

Bacaan Alkitab satu tahun
Kisah Para Rasul 13:1-25; Ulangan 8-10

Ayat Hafalan
Yesaya 43:19, Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yang baru, yang sekarang sudah tumbuh, belumkah kamu mengetahuinya? Ya, Aku hendak membuat jalan di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara.

Renungan Inspirasi
Setiap orang pasti pernah mempunyai penyesalan di dalam hidupnya, tak terkecuali Bill Gates, orang terkaya di dunia. Baru-baru ini Gates mengungkapkan penyesalan terbesar di dalam hidupnya, yakni ketidakmampuannya berbahasa asing, di luar bahasa Inggris. Dia menuturkan, “Saya merasa bodoh karena tidak tahu bahasa asing. Saya mengambil kelas bahasa Latin dan Yunani di sekolah dan mendapatkan nilai A, dan saya merasa membantu kosakata saya. Tetapi saya berharap bisa berbahasa Perancis, karena itu yang paling mudah.” Sebenarnya penyesalan itu bukanlah hal buruk. Asalkan kita bisa mengambil hikmahnya, sehingga kita lebih bijak lagi ke depan, dan tidak mengulangi lagi kesalahan di masa lalu.

Nabi Yesaya pernah menasihatkan bangsa Israel, agar mereka bangkit dari penyesalan atas dosa. Ia mengatakan bahwa Tuhan telah menunjukkan kasih-Nya dan telah menyediakan sesuatu yang baru bagi mereka yaitu pengampunan, berkat pemulihan serta kehadiran Allah (ay. 19). Setiap kita pasti pernah melakukan kesalahan dalam hidup. Akan tetapi yang harus disadari bahwa kita tidak boleh hidup dalam penyesalan berlarut-larut, namun jadikan itu sebagai bahan pembelajaran bagi kita. Mari bangkit dan lakukanlah hal yang lebih baik.

Refleksi Diri
1. Nasihat apa yang Tuhan sampaikan kepada bangsa Israel (ay. 18-19)?
2. Hal apa yang Tuhan ingin Anda lakukan saat membuat kesalahan?

Pokok Doa
Roh Kudus mampukan aku untuk keluar dari penyesalan yang begitu membayangi hidupku.

Kata - Kata Bijak
Jangan pernah tinggal dalam penyesalan tapi melangkahlah meraih janji Tuhan.

Yang Harus Dilakukan
Bangkit dan terimalah dengan iman janji pemulihan dari Tuhan.

No comments: