Saturday, September 17, 2016

BELAJAR DARI SIMON DARI KIRENE

Sabtu, 17 September 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Matius 27:32-44
Bacaan Alkitab satu tahun
Kisah Para Rasul 18; Ulangan 32-34

Ayat Hafalan
Matius 23:34, Ketika mereka berjalan ke luar kota, mereka berjumpa dengan seorang dari Kirene yang bernama Simon. Orang itu mereka paksa untuk memikul salib Yesus.

Renungan Inspirasi
Dalam renungan hari ini kita belajar hal yang menarik dari seorang yang bernama Simon dari Kirene. Ia sengaja dipaksa untuk memikul Salib Yesus, karena memang waktu itu Yesus tidak mampu lagi berjalan sambil memikul salib menuju bukit
Golgota (ay. 32). Tetapi cerita tersebut tidak berakhir di situ. Banyak peneliti sejarah Alkitab percaya bahwa Simon termasuk satu dari sedikit orang yang tetap berada di dekat Yesus pada saat Ia disalibkan. Simon juga ikut menikmati kebangkitan Yesus dari kematian-Nya hingga pencurahan Roh Kudus. Lama setelah itu, kedua anak Simon Kirene, yaitu Aleksander dan Rufus, menjadi orang-orang yang dikenal aktif dalam gereja mula-mula (Bdg. Mark. 15:21). Tidak hanya itu, Rasul Paulus menyebutkan Rufus sebagai orang pilihan Tuhan. Bahkan, isteri Simon Kirene dianggap sebagai ibu oleh Paulus (Bdg. Rom. 16:13). Ternyata bukan perkara kebetulan Simon ikut memikul salib Tuhan Yesus.
Ketika Simon dipaksa untuk memikul salib dan mengikut Yesus, mungkin saat itu ia tidak mengerti. Tapi bagi kita yang membaca kisahnya saat ini, kita dapat melihat ada benang merah yang terhubung dari kejadian awal (ay. 32). Ternyata tidak ada yang kebetulan bagi orang yang percaya. Terkadang kita tidak mengerti dengan maksud dan rencana Tuhan dalam hidup kita. Pergumulan hidup sepertinya semakin bertambah saat memutuskan menjadi orang Kristen. Tapi percayalah Tuhan sang perancang agung tidak pernah salah, Ia pasti memiliki maksud baik dari semua hal yang kita alami.

Refleksi Diri
1. Kapan pertama kali rencana Allah mulai terjadi dalam kehidupan Simon?
2. Hal apa yang perlu Anda sadari saat Anda mengambil penderitaan Kristus?

Pokok Doa
Tuhan ajarkan aku untuk mengerti bahwa Engkau selalu memiliki rencana yang indah saat Engkau menjadikanku bagian dari milik-Mu.

Kata - Kata Bijak
Tuhan selalu memiliki maksud dari setiap perkara yang terjadi dalam kehidupan ini.

Yang Harus Dilakukan
Percayalah kepada Tuhan bahwa semua yang terjadi pasti memiliki tujuan.

No comments: