Tuesday, September 20, 2016

WARISAN IMAN ORANG TUA

Selasa, 20 September 2016

Bacaan Alkitab hari ini
2 Timotius 1:1-18

Bacaan Alkitab satu tahun
Kisah Para Rasul 20:1-16; Yosua 7-9

Ayat Hafalan
2 Timotius 1:5, Sebab aku teringat akan imanmu yang tulus ikhlas, yaitu iman yang pertama-tama hidup di dalam nenekmu Lois dan di dalam ibumu Eunike dan yang aku yakin hidup juga di dalam dirimu.

Renungan Inspirasi
Banyak orang telah diberkati secara melimpah melalui apa yang mereka dapatkan dan pelajari dari orang tua mereka. Misalnya, John dan Charles Wesley. Mungkin nama mereka tak akan pernah muncul dalam sejarah, jika bukan karena ibu mereka yang saleh. Mereka diajarkan bahwa hukum kasih dan kesaksian kristiani harus menjadi tuntunan hidup sehari-hari. Susannah Wesley meluangkan satu jam setiap hari untuk mendoakan 17 anaknya. Setiap minggu ia pun mengajak masing-masing anak secara bergantian untuk mendiskusikan hal-hal rohani selama satu jam. Tidak mengherankan jika John dan Charles dipakai Allah untuk membawa berkat bagi seluruh dunia.

Dari cerita ini kita disadarkan bahwa peran dari orang tua yang saleh sangatlah penting. Salah satunya adalah Timotius. Meskipun usianya relatif muda, ia adalah seorang pemuda yang oleh Rasul Paulus dianggap sebagai anak rohani dan rekan sekerja yang sangat berharga di dalam pelayanannya. Dalam suratnya kepada Timotius, Paulus teringat bagaimana Timotius sangat dipengaruhi oleh iman yang tulus ikhlas dari neneknya Lois dan ibunya Eunike (ay. 5). Dari kebenaran ini kita dapat melihat bahwa arah pertumbuhan iman anak sangat tergantung dari orang tua. Warisan keteladanan iman perlu diimpartasikan kepada anak-anak kita. Misalnya dengan membimbing anak untuk belajar berdoa, membawa anak ke dalam komunitas gereja, membacakan cerita Alkitab, dan hal-hal lainnya. Pertanyaannya adalah, sudahkah Anda mulai mewariskan iman percaya Anda kepada anak?

Refleksi Diri
1. Bagaimana pandangan Paulus mengenai Timotius anak didiknya (ay. 5)?
2. Hal apa yang Tuhan ingin Anda lakukan kepada anak Anda sebagai orang tua kristen?

Pokok Doa
Tuhan ajarkan aku untuk dapat menjadi orang tua yang baik agar dapat mewariskan iman kepada generasi berikutnya.

Kata - Kata Bijak
Warisan yang paling berharga dari orang tua kepada anak adalah keteladanan iman.

Yang Harus Dilakukan
Mulailah dengan mengajari anak Anda bagaimana cara untuk berdoa kepada Tuhan.

No comments: