Friday, September 02, 2016

CARA MENGATASI KEKUATIRAN

Jumat, 2 September 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Mazmur 55:5-24
Bacaan Alkitab satu tahun
Kisah Para Rasul 9:1-19; Bilangan 28-30

Ayat Hafalan
Mazmur 55:23, Serahkanlah kuatirmu kepada Tuhan, maka Ia akan memelihara engkau! Tidak untuk selama-lamanya dibiarkan-Nya orang benar itu goyah.

Renungan Inspirasi
Fenomena Black Monday adalah sebuah fenomena dalam perdagangan pasar saham dan valas, dimana pada perdagangan tersebut terjadi kemerosotan harga yang sangat tajam dan menciptakan kerugian yang sangat besar yang sifatnya global. Tercatat Black Monday pernah terjadi pada tahun 1987, 2008 dan yang terakhir 2015. Dampak dari kejadian ini menyebabkan perasaan kuatir yang sangat tinggi, sekaligus telah menjadi masalah kesehatan mental yang paling parah di Amerika Serikat. Hingga saat ini obat-obatan untuk mengatasi kekuatiran merupakan produk obat yang terlaris di Amerika. Kekuatiran merupakan komoditi yang menguntungkan bagi produsen
obat!

Saat menulis Mazmur 55, pikiran Daud diliputi oleh kekuatiran hebat karena situasi yang dihadapinya, seperti: ia sangat takut terhadap kekerasan, kemarahan, dan kekejaman sosial yang mengintai di kota (ay. 10-12). Ia mengalami kesedihan yang mendalam karena dikhianati oleh teman dekatnya (ay. 13-15). Tetapi ada tindakan Daud yang perlu dicontoh saat perasaan kuatir mulai menghinggapinya yaitu; Ia menyerahkan kekuatirannya dan belajar mempercayai Allah (ay. 23). Sebagai orang percaya kita harus mengetahui bahwa kekuatiran adalah beban yang sebenarnya tidak perlu kita tanggung. Sebaliknya, kita harus menyerahkan kekuatiran itu kepada Tuhan. Jika Anda merasakan beban yang berat saat ini, mungkin saatnya Anda mulai introspeksi diri dan mempercayakan diri Anda kepada Tuhan.

Refleksi Diri
1. Hal apa yang dilakukan Daud saat perasaan kuatir hadir dalam hatinya?
2. Sikap apa yang Tuhan inginkan saat Anda mengalami perasaan kuatir?

Pokok Doa
Tuhan ajarkan aku untuk belajar mempercayai Engkau ditengah kebimbangan dan kekuatiran dalam hidupku.

Kata - Kata Bijak
Percaya Tuhan dan mempercayakan diri kepada Tuhan adalah dua hal yang berbeda.

Yang Harus Dilakukan
Belajarlah untuk mempercayai setiap janji Tuhan dalam hidup Anda.

No comments: