Thursday, September 01, 2016

FINDING JOY

Kamis, 1 September 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Mazmur 16:1-11

Bacaan Alkitab satu tahun
Kisah Para Rasul 8:26-40; Bilangan 26-27

Ayat Hafalan
Mazmur 16:11, “Engkau memberitahukan kepadaku jalan kehidupan; di hadapan-Mu ada sukacita berlimpah-limpah,  di tangan kanan-Mu ada nikmat senantiasa.”

Renungan Inspirasi
Kejadian apa yang paling membuat Anda merasa sangat bahagia? Apakah ketika Anda mendapat hadiah gratis berlibur keluar negeri, diterima di perusahaan yang diimpikan, mengalami kenaikan jabatan atau alasan lainnya? Namun, berapa lama kebahagian itu bertahan dan dapat Anda rasakan? Kita melihat kenyataan, ada begitu banyak orang yang kaya, terkenal, punya jabatan yang tinggi, namun hidupnya tidak bahagia. Dalam diri manusia ada rasa hampa yang tidak dapat diisi oleh apapun yang ada di dunia ini. Lalu dari manakah manusia mendapatkan persediaan kebahagiaan yang berlimpah? Jawabannya hanya dari Tuhan, sumber kebahagiaan.

Bulan ini Nafiri Discipleship Church (NDC) mengusung tema “Finding Joy” atau “Menemukan Sukacita.” Setiap orang percaya diharapkan tetap berbahagia walau menghadapi berbagai persoalan hidup. Raja Daud salah satu contoh orang yang menemukan alasan untuk tetap berbahagia walau di tengah badai masalah dan pergumulan hidupnya. Ia tetap bersukacita saat ia tahu bahwa Allah ada bersama dengannya (ay. 8). Bahkan kebahagiaan yang ia dapatkan itu berlimpah dan selama-lamanya (ay. 11). Kita pasti akan menghadapi masalah selama kita hidup. Ada begitu banyak masalah yang bisa mencuri kebahagiaan kita, misalnya: masalah rumah tangga, pekerjaan, ekonomi, sakit penyakit atau masalah hubungan. Semua hal itu tidak dapat merenggut kebahagiaan kita, apabila kita menyadari bahwa Tuhan senantiasa bersama dengan kita. Melekat dengan Tuhan adalah alasan yang kuat untuk kita tetap berbahagia walau berada di tengah berbagai masalah.

Refleksi Diri
1. Siapakah sumber kebahagian sejati menurut Daud (ay. 11)?
2. Apakah alasan Anda tetap berbahagia di tengah masalah yang sedang dihadapi?

Pokok Doa
Tuhan terima kasih Engkau telah hadir memberikan sukacita dan kebahagiaan dalam hidupku.

Kata - Kata Bijak
Hanya di dalam Dia kita dapat menemukan sumber kebahagiaan yang sejati.

Yang Harus Dilakukan
Belajarlah untuk mengingat satu janji Firman Tuhan saat menghadapi masalah.

No comments: