Sunday, September 18, 2016

IMAN DI TENGAH BADAI HIDUP

Minggu, 18 September 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Mazmur 42:1-12

Bacaan Alkitab satu tahun
Kisah Para Rasul 19:1-20; Yosua 1-3

Ayat Hafalan
Mazmur 42:6, “Mengapa engkau tertekan, hai jiwaku, dan gelisah di dalam diriku? Berharaplah kepada Allah! Sebab aku akan bersyukur lagi kepada-Nya, penolongku dan Allahku!”

Renungan Inspirasi
Horatio G. Spafford adalah seorang ahli hukum terkenal di Chicago. Pada tahun 1860-an, ia memiliki kehidupan keluarga yang bahagia. Kehidupan keluarganya mulai berubah dilanda duka ketika pada tahun 1870 anak laki-lakinya meninggal dunia karena demam berdarah. Tidak cukup sampai disitu, musibah kebakaran besar di Chicago 1871 turut melenyapkan semua properti miliknya. Puncak dukanya terjadi pada tahun 1873, isteri dan semua anak-anaknya pergi berlayar, namun tak disangka, kapal yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan. Isterinya mengabarkan Horatio melalui telegram dengan dua kata, ‘saved alone’ (hanya aku yang selamat). Lewat peristiwa tersebut, Horatio menuliskan sebuah lagu dengan lirik, “It is well with my soul”. Di tengah derita, kesukaran yang dialaminya, ia tetap dapat merasakan kasih Tuhan. “Sekalipun duka menggulung bak samudera,“ tulisnya, “….Tetaplah tenteram dalam jiwaku”. Di tengah persoalan hidupnya, dia tetap merindukan dan mencari Allah.

Pemazmur juga menuliskan kerinduannya kepada Tuhan, tatkala badai hidup menerpanya (ay. 2-7). Penantiannya akan kehadiran Tuhan membuktikan bahwa kasihnya kepada Tuhan tidak berhenti meskipun dalam keadaan yang sulit. Sebagai orang percaya, terkadang Tuhan mengijinkan kita berada dalam pergumulan yang berat. Disaat seperti itu, terkadang kita merasa putus asa bahkan ingin meninggalkan Tuhan. Mari ingatlah akan hal ini, bahwa Tuhan kita adalah Tuhan yang setia. Ia tidak pernah merencanakan yang jahat bagi kita (bdg. Yer. 29:11). Datanglah kepada Tuhan dalam doa, percayalah Ia pasti akan membukakan mata rohani kita, sehingga kita dapat mengerti arti dari pergumulan yang sedang kita alami.

Refleksi Diri
1. Apa saja yang dilakukan oleh Pemazmur saat ia mengalami pergumulan?
2. Apa yang Tuhan ingin Anda lakukan saat mengalami pergumulan?

Pokok Doa
Tuhan aku tetap percaya dan mau mengasihi Engkau meskipun begitu berat pergumulan yang harus aku lalui.

Kata - Kata Bijak
Suatu saat badai hidup akan berakhir dan digantikan dengan pelangi yang indah.

Yang Harus Dilakukan
Tetaplah percaya kepada Tuhan dan hampiri Dia dalam doa.

No comments: