Monday, September 12, 2016

JANGAN BERHENTI BERBUAT BAIK

Senin, 12 September 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Galatia 6:1-10

Bacaan Alkitab satu tahun
Kisah Para Rasul 15:22-41; Ulangan 20-22

Ayat Hafalan
Galatia 6:9, Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.

Renungan Inspirasi
Beberapa tahun yang lalu, pada malam hujan badai, seorang laki-laki tua dan istrinya masuk ke sebuah lobby hotel kecil di Philadelphia. Mencoba menghindari hujan, pasangan ini mendekati meja resepsionis untuk mendapatkan tempat bermalam. Sang pelayan, seorang laki-laki ramah dengan tersenyum dan menjelaskan bahwa ada tiga konvensi besar di kota itu. "Semua kamar kami telah penuh," kata pelayan itu. "Tapi saya tidak dapat membiarkan pasangan yang baik seperti Anda keluar kehujanan pada pukul satu dini hari.” Pelayan itu pun menawarkan ruangan tidurnya untuk digunakan oleh kedua orang tua ini. Singkat cerita dua tahun setelah peristiwa itu, ternyata kebaikan hati si pelayan itu berbuah berkat. Sang pelayan tiba-tiba dikejutkan dengan mendapat surat tawaran sebagai manager di Waldorf-Astoria Hotel. Sebuah hotel bergengsi di dunia yang sengaja dibangun oleh Wiliam Waldorf Astor, lelaki tua yang pernah dia tolong pada waktu itu. Lewat kisah ini kita belajar bahwa jangan pernah berhenti berbuat baik kepada siapapun dan kapanpun.

Rasul Paulus pernah menasihatkan kepada jemaat Galatia untuk tidak jemu-jemu berbuat baik (ay. 9). Karena hal tersebut selain dapat membantu saudara yang lain (ay. 2), tetapi juga mendatangkan berkat yang berlimpah dari Tuhan bagi kita sendiri. Perbuatan baik adalah salah satu buah Roh yang harus dimanifestasikan dengan nyata (Gal. 5:22). Kadangkala kita hanya berbuat baik kepada orang-orang yang telah berbuat baik kepada kita. Tetapi Alkitab mengajar- kan kita harus berbuat baik kepada semua orang, termasuk mereka yang berbuat jahat kepada kita. Hari ini, mari kita budayakan untuk terus berbuat baik kepada siapapun dan dimanapun. Suatu kali kelak kita akan menuai upah dari perbuatan baik kita.

Refleksi Diri
1. Apa nasihat Paulus kepada jemaat Galatia (ay. 9)?
2. Hal apa yang Tuhan ingin Anda lakukan kepada semua orang?

Pokok Doa
Tuhan mampukan aku untuk senantiasa belajar melakukan perbuatan baik kepada semua orang.

Kata - Kata Bijak
Perbuatan baik seperti benih yang ditanam yang suatu saat pasti kita akan tuai hasilnya.

Yang Harus Dilakukan
Belajarlah melakukan kebaikan mulai dari keluarga Anda sendiri.

No comments: