Friday, September 16, 2016

KEBAHAGIAN MEMBERI

Jumat, 16 September 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Kisah Para Rasul 20:17-38

Bacaan Alkitab satu tahun
Kisah Para Rasul 17:16-34; Ulangan 30-31

Ayat Hafalan
Kisah Para Rasul 20:35, Dalam segala sesuatu telah kuberikan contoh kepada kamu, bahwa dengan bekerja demikian kita harus membantu orang-orang yang lemah dan harus mengingat perkataan Tuhan Yesus, sebab Ia sendiri telah mengatakan: Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima."

Renungan Inspirasi
Apa yang Anda ingat jika Anda ditanya tentang Bunda Teresa? Kebanyakan orang menjawab adalah India. Ya, India adalah tempat pengabdian Bunda Teresa tepatnya di Kalkuta. Bunda Teresa telah memberikan seluruh hidupnya untuk rakyat miskin di India hingga tutup usianya pada 5 September 1997. Ketika suatu saat ditanya mengapa ia rela memutuskan melakukan hal tersebut, ia menjawab, “hidup kita hanya sekali bukan berkali-kali, kenapa kita  tidak berbuat baik, jujur dan terbuka, sehingga kita bisa mendapatkan ketenangan dan kebahagiaan.” Artinya Bunda Teresa memahami makna  hidup yang sesungguhnya yakni, bukan seberapa banyak hal yang kita miliki selama hidup tetapi seberapa banyak yang kita telah berikan kepada orang lain selama hidup.

Rasul Paulus pun pernah mengatakan hal yang serupa, yaitu “terlebih bahagia memberi daripada menerima” (ay. 35). Paulus mengatakan hal ini, karena ia telah banyak menerima pengampunan serta kebaikan dari Tuhan. Menurutnya adalah sebuah kebahagiaan ketika melakukan hal yang sama seperti yang Yesus lakukan untuknya.

Sebagai orang percaya, kita telah menerima kebahagiaan dari Tuhan Yesus, yaitu anugerah keselamatan. Mari latihlah diri kita untuk belajar memberi, sebagai bentuk rasa terima kasih kita kepada Tuhan. Ingatlah apabila telah tiba waktunya maka kita akan menerima kebahagiaan yang abadi dari Tuhan.

Refleksi Diri
1. Contoh kehidupan seperti apa yang Paulus tinggalkan kepada jemaat di Efesus (ay. 35)?
2. Apa kunci kita mengalami kebahagiaan menurut konteks bacaan hari ini?

Pokok Doa
Tuhan ajar aku untuk menjadi pribadi yang suka memberi seperti yang Engkau ajarkan.

Kata - Kata Bijak
Belum pernah ada orang yang suka memberi mengalami kekurangan dalam hidupnya.

Yang Harus Dilakukan
Belajarlah untuk menjadi saluran berkat Tuhan dari hal-hal yang kecil.

No comments: