Friday, September 09, 2016

KUASA TUHAN DI TENGAH KELEMAHAN

Jumat, 9 September 2016

Bacaan Alkitab hari ini

2 Korintus 12:1-10

Bacaan Alkitab satu tahun
Kisah Para Rasul 13:26-52; Ulangan 11-13

Ayat Hafalan
2 Korintus 12 : 9, Tetapi jawab Tuhan kepadaku: "Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna." Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku.

Renungan Inspirasi
John Dalton adalah seorang ilmuwan Inggris yang menemukan berat atom. Ia dilahirkan tahun 1766 di desa Eaglesfield di Inggris Utara. Latar belakang pendidikannya tidaklah membanggakan, pendidikan formalnya berakhir tatkala ia berumur 7 tahun. Selanjutnya hampir sepenuhnya dia belajar sendiri. Apa yang membuat dia bisa berhasil? Ternyata John Dalton menderita sejenis penyakit buta warna. Tetapi ia tetap semangat berkarya dan akhirnya berhasil merumuskan teori atom dan menyiapkan daftar berat atom pada tahun 1804. Buku utamanya yang berjudul "A New System of Chemical Philosophy", baru terbit pada tahun 1804. Sejarah mencatat dengan tinta emas, “John Dalton, seorang yang menderita penyakit buta warna adalah penemu berat atom.” Lewat kisah ini pelajaran penting yang dapat kita ambil adalah sebuah kekurangan tidak menjadi hambatan untuk dia dapat berkarya.

Rasul Paulus pernah mengakui memiliki kelemahan dalam hidupnya. Penafsir Alkitab mengatakan kelemahannya adalah kelemahan secara fisik (sakit), meskipun dalam konteks ia menceritakan penglihatan ilahi (ay. 2-5). Paulus tidak menganggap kelemahannya sebagai alasan untuk dia berhenti melayani dan berkarya bagi Tuhan (ay. 9). Setiap kita pun masing- masing pasti memiliki kelemahan di dalam hidup. Tapi janganlah menjadi alasan untuk tidak berbuat sesuatu bagi Tuhan. Sebaliknya serahkan segala kelemahan kita kepada Tuhan. Percayalah kasih karunia-Nya akan memampukan kita untuk menggenapi rencana-Nya.

Refleksi Diri
1. Hal apa yang Paulus katakan mengenai dirinya (ay. 2-9)?
2. Apa yang Tuhan ingin Anda lakukan meskipun memiliki kelemahan?

Pokok Doa
Tuhan aku menyerahkan segala kelemahan dan keterbatasan untuk Engkau pakai sesuai dengan rencana-Mu.

Kata - Kata Bijak
Kasih Tuhanlah yang mampu mengubah segala kelemahan menjadi kekuatan.

Yang Harus Dilakukan
Bawa dan serahkanlah segala kelemahan Anda kepada Tuhan yang penuh kasih.

No comments: