Friday, September 23, 2016

LAKUKANLAH SEPERTI UNTUK TUHAN

Jumat, 23 September 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Kolose 3:18-25

Bacaan Alkitab satu tahun
Kisah Para Rasul 21:27-40; Yosua 16-18

Ayat Hafalan
Kolose 3:23,Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.

Renungan Inspirasi
Ada beberapa kebiasaan unik orang percaya di Irlandia berabad-abad yang lalu, yang dapat kita gunakan sebagai cermin dalam perjalanan rohani kita. Kebiasaan unik itu adalah orang-orang itu selalu ingin merasakan kehadiran Allah dalam setiap aktivitas mereka. Sebagai contoh, setiap kali bangun pagi mereka akan berdoa demikian, "Terima kasih, ya Allah, saya dapat kembali bangun hari ini bersama dengan bangunnya kehidupan itu sendiri." Lalu saat seorang ibu rumah tangga Irlandia yang menyalakan perapian saat fajar tiba, ia selalu memanjatkan doa supaya Tuhan mengobarkan kasih di hatinya bagi keluarga, teman, tetangga, bahkan musuhnya. Kemudian mengakhiri suatu hari mereka berkata, "Saya berbaring bersama Allah saat ini, maka Allah pun benar-benar menemani saya berbaring." Artinya sedemikian rupa usaha mereka untuk melakukan segala sesuatu bersama Tuhan dan untuk Tuhan.

Rasul Paulus pernah menasihatkan kepada jemaat yang ada di Kolose, agar mereka senantiasa melakukan segala pekerjaan seperti Tuhan lah yang sedang dilayani (ay. 23). Hal ini memberi pemahaman kepada kita bahwa pelayanan itu tidak hanya terbatas di dalam gereja, tetapi dalam seluruh area kehidupan. Sebagai orang percaya, kita diajarkan Tuhan untuk melakukan segala sesuatu di dalam kehidupan ini untuk kemuliaan Allah (bdg. 1 Kor. 10:31). Perintah tersebut mencakup seluruh aktivitas dalam hidup kita: sarapan pagi, mencuci piring, mengobrol, atau mengoperasikan komputer, dll. Marilah kita senantiasa mengingatkan diri kita sepanjang hari bahwa apa pun yang kita lakukan adalah untuk Tuhan, karena kita merasakan kehadiran-Nya setiap saat.

Refleksi Diri
1. Pesan apa yang disampaikan Paulus kepada jemaat Kolose (ay. 23)?
2. Apa yang Tuhan ingin Anda lakukan sesuai dengan Firman Tuhan hari ini?

Pokok Doa
Tuhan ajarkan aku untuk senantiasa melakukan segala sesuatu untuk Engkau bukan untuk diriku sendiri.

Kata - Kata Bijak
Lakukanlah semua pekerjaan sebagai pelayanan kepada Tuhan.

Yang Harus Dilakukan
Mulailah hari ini lakukan segala sesuatu dengan kesadaran bahwa Anda melakukannya untuk Tuhan.

No comments: