Monday, September 26, 2016

MENGAMPUNI ORANG YANG BERSALAH

Senin, 26 September 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Lukas 23:33-43

Bacaan Alkitab satu tahun
Kisah Para Rasul 23:12-35; Hakim-Hakim 1-3

Ayat Hafalan
Lukas 23:34, Yesus berkata: "Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat." Dan mereka membuang undi untuk membagi pakaian-Nya.

Renungan Inspirasi
Ketika terjadi perang dunia kedua, Corrie ten Boom dan keluarganya ditangkap dan ditawan dan disiksa secara kejam. Akibatnya, ayah dan saudara perempuan Corrie meninggal di tempat tawanan tersebut. Setelah perang berakhir, ia pergi ke Jerman untuk berkhotbah.

Usai berkhotbah khusus tentang pengampunan, seorang pria paling kejam di Raversbruck, tempat ia dan saudara perempuannya disiksa menguluran tangannya untuk bersalaman. “Aku telah menjadi Kristen”, ia menjelaskan. “Aku tahu bahwa Tuhan telah mengampuniku untuk hal-hal kejam yang pernah kulakukan. Tetapi aku juga ingin mendengar hal itu dari mulut Anda. Maukah Anda mengampuniku?” Konflik bergejolak di hati Corrie. Dalam hatinya ia berteriak, “Yesus, aku tidak dapat mengampuni orang ini, tolonglah aku.” Namun akhirnya ia memutuskan untuk mengampuni pria tersebut. la mengulurkan tangannya kepada pria itu dan berkata, “Aku mengampunimu Saudara, dengan segenap hatiku.”

Hal ini jugalah yang pernah dilakukan oleh Tuhan Yesus, ketika Ia tergantung di kayu salib. la telah mengampuni orang-orang yang menyalibkan-Nya dan mendoakan mereka. Meskipun waktu itu Yesus adalah manusia seutuhnya sama seperti kita, tetapi Ia lebih memilih untuk belajar taat kepada kehendak Bapa di sorga. Sebagai orang percaya, terkadang kita diperhadapkan dengan pergumulan batin untuk mengampuni orang lain. Bahkan dalam hati kadang ingin berteriak kepada Allah, meminta untuk menghukum mereka yang berbuat jahat kepada kita. Tapi mari kita kesampingkan perasaan sakit hati dan ambilah langkah iman untuk mengampuni orang yang bersalah kepada kita sama seperti yang Tuhan Yesus lakukan. Mengampuni bukanlah sebuah perasaan melainkan sebuah keputusan.

Refleksi Diri
1. Hal apa yang dilakukan Yesus saat tergantung di atas kayu salib?
2. Pelajaran apa yang Anda dapatkan dari bacaan Firman Tuhan hari ini?

Pokok Doa
Roh Kudus mampukanlah aku untuk dapat memberi pengampunan dengan sungguh kepada orang lain.

Kata - Kata Bijak
Mengampuni bukanlah sebuah perasaan melainkan sebuah keputusan.

Yang Harus Dilakukan
Berikanlah pengampunan secara nyata bukan hanya sampai di dalam hati.

No comments: