Tuesday, September 13, 2016

MENGUCAP SYUKUR KUNCI KEBAHAGIAAN

Selasa, 13 September 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Mazmur 50:1-23

Bacaan Alkitab satu tahun
Kisah Para Rasul 16:1-18; Ulangan 23-25

Ayat Hafalan
Mazmur 50:23, “Siapa yang mempersembahkan syukur sebagai korban, ia memuliakan Aku; siapa yang jujur jalannya, keselamatan yang dari Allah akan Kuperlihatkan kepadanya."

Renungan Inspirasi
Amerika Serikat adalah salah satu negara yang memiliki tradisi khusus yaitu menggelar acara Thanksgiving atau Hari Ucapan Syukur. Tradisi ini bermula ketika para pendatang dari Eropa mendarat untuk pertama kalinya di benua Amerika, dan pada waktu itu mereka berhasil meraih keuntungan untuk pertama kalinya di tahun 1623. Sehingga dengan resmi Presiden Abraham Lincoln menetapkan hari tersebut sebagai hari libur nasional di Amerika Serikat yaitu "hari untuk mengucapkan syukur dan memuji kebaikan Allah". Dalam pengumuman resmi Abraham berkata, “Segala berkat yang diterima semua berasal dari Allah, meskipun tiap hari dalam setahun tidak selamanya berlangsung baik, tetapi Allah telah baik kepada Amerika.” Dalam hal ini kita belajar bahwa mengucap syukur tidak hanya dilakukan pada saat segala sesuatu berjalan baik, tapi mengucap syukur adalah sebuah keputusan yang diambil karena kita menghormati Tuhan atas kebaikan-Nya.

Pemazmur dalam tulisannya mengatakan, orang yang mempersembahkan syukur sebagai kurbannya, dialah yang menghormati Aku (BIS - ay.23a). Sikap mengucap syukur adalah langkah yang diambil sebagai bentuk penghormatan kita kepada Tuhan. Sebagai orang percaya janganlah kita suka bersungut-sungut. Karena hal itu menunjukkan bahwa kita tidak menghargai kasih, kebaikan dan pertolongan Tuhan dalam hidup kita. Mengucap syukurlah dalam segala hal, karena Dia berjanji ketika hal itu dilakukan maka kebahagiaan abadi akan kita terima dari-Nya (ay. 23b). Apakah hari-hari yang Saudara lewati penuh dengan ucapan syukur kepada Tuhan?

Refleksi Diri
1. Hal apa yang dijanjikan Tuhan saat orang percaya mengucap syukur?
2. Apa alasan kita mengucap syukur kepada Tuhan menurut Pemazmur (ay. 23)?

Pokok Doa
Tuhan ajar aku untuk mau mengucap syukur senantiasa kepada-Mu dalam segala hal.

Kata - Kata Bijak
Mengucap syukur adalah salah satu kunci membuka pintu berkat dan kebahagiaan.

Yang Harus Dilakukan
Mulailah mengucap syukur kepada Tuhan dalam situasi apapun yang Anda alami.

No comments: