Wednesday, September 14, 2016

MENJADI PRIBADI YANG BERINTEGRITAS

Rabu, 14 September 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Mazmur 26:1-12

Bacaan Alkitab satu tahun
Kisah Para Rasul 16:19-40; Ulangan 26-27

Ayat Hafalan
Mazmur 26:1, Berilah keadilan kepadaku, ya TUHAN, sebab aku telah hidup dalam ketulusan; kepada TUHAN aku percaya dengan tidak ragu-ragu.

Renungan Inspirasi
Pada salah satu sisi kartu nama milik Harry Elders terpampang foto wajahnya yang sedang tersenyum. Pada sisi yang lain tertulis mottonya: "Integritas Dapat Menjadi Kesaksian." Selama setengah abad, Harry bekerja sebagai narator dan aktor di radio dan televisi. Sebuah proyek favoritnya yang berkesinambungan  berjudul “Unshackled” (Bebas Dari Belenggu). Integritas Harry selalu tampak dalam segala hal yang ia lakukan. Perilakunya sesuai dengan perkataannya. Bila Anda merekrut Harry sebagai rekan kerja, Anda akan melihat kebajikan, kebaikan hati, dan juga prinsip-prinsip hidupnya. Setelah Harry meninggal, sebuah koran lokal memuat sebuah kolom penghargaan untuknya, dengan judul "Sebuah suara yang berintegritas telah tiada, namun pesan-pesannya akan tetap abadi."

Di dalam Alkitab kita menemukan seorang raja Daud pernah menyatakan bahwa Ia telah hidup dengan ”integritas” kepada Tuhan (KJV - ay. 1, 11). Ini tidak berarti bahwa Daud telah hidup tanpa cela dan dosa. Tetapi yang dimaksudkan adalah, Daud senantiasa belajar untuk memperbaiki jalan hidupnya sesuai dengan Firman. Sehingga ia berani meminta Tuhan untuk menilai hal mana saja yang masih perlu ia perbaiki (ay. 2). Itu adalah hidup yang berintegritas. Kita seharusnya perlu belajar dari apa yang dilakukan oleh Daud. Sehingga hidup kita pun dapat berdampak bagi orang lain. Pertanyaan penting hari ini, apakah kita telah belajar untuk memiliki hidup yang berintegritas?

Refleksi Diri
1. Apa yang dimaksudkan oleh Daud “bahwa ia telah hidup dengan integritas”?
2. Apa dampaknya saat Anda belajar hidup berintegritas?

Pokok Doa
Tuhan periksalah senantiasa hidupku agar aku dapat belajar menjadi pribadi yang lebih baik.

Kata - Kata Bijak
Tidak ada warisan yang paling berharga setara dengan integritas.

Yang Harus Dilakukan
Mulailah untuk menyesuaikan perkataan Anda dengan tindakan Anda.

No comments: