Wednesday, September 21, 2016

MENJADI SALURAN KASIH

Rabu, 21 September 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Kisah Para Rasul 9:32-43

Bacaan Alkitab satu tahun
Kisah Para Rasul 20:17-38; Yosua 10-12

Ayat Hafalan
Kisah Para Rasul 9:36, Di Yope ada seorang murid perempuan bernama Tabita--dalam bahasa Yunani Dorkas. Perempuan itu banyak sekali berbuat baik dan memberi sedekah.

Renungan Inspirasi
Dunia musik Indonesia kembali berduka dengan kehilangan penyanyi “Rendah Hati Dengan Suara Menyejukkan”. Demikianlah judul di halaman depan sebuah media cetak. Mike Mohede meninggal dunia pada usia 32 tahun karena serangan jantung. Kehidupan penyanyi Mike Mohede ternyata mampu menyentuh begitu banyak orang. Hampir semua media sosial diramaikan dengan #RIPMikeMohede.  Rasa simpati mengalir mulai dari masyarakat, rekan seniman tanah air, bahkan petinggi-petinggi negara, termasuk mantan Presiden Indonesia SBY. Hal yang paling berkesan dari semua orang yang bercerita tentang Mike, mereka mengatakan bahwa Mike adalah orang yang baik dan rendah hati. Ini adalah kisah seorang anak Tuhan yang mampu menyentuh kehidupan banyak orang lewat  kehidupan pribadinya.

Dari sekian banyak tokoh dalam Alkitab, ada satu nama yang hanya sekali disebutkan tetapi kehidupannya telah menjadi berkat bagi orang lain. Wanita tersebut bernama Dorkas. Alkitab mencatat bahwa ia telah banyak berbuat baik dan terkenal dengan pribadi sangat murah hati dalam membantu orang (ay. 36). Kita pun perlu belajar dari kehidupan Dorkas. Kita dapat melakukan perbuatan yang baik di tempat di mana kita berada. Sentuhlah kehidupan orang lain dengan kasih Tuhan. Berbagilah dengan mereka yang membutuhkan, beri semangat dan penghiburan kepada yang sedang dilanda masalah dan berbagai hal lainnya. Intinya adalah kita harus peka terhadap apa yang terjadi di sekitar kita. Dengan melakukan hal demikian, tanpa kita berbicara apapun mengenai Kristus, mereka akan tahu bahwa kita adalah pengikut Kristus. Sudahkah Anda menjadi saluran kasih bagi mereka yang ada di sekitar Anda?

Refleksi Diri
1. Hal apa yang paling dikenal orang tentang Dorkas (ay. 36)?
2. Lewat bacaan hari ini, pribadi seperti apa yang Tuhan ingini dari Anda?

Pokok Doa
Tuhan ajarkan aku untuk menjadi pribadi yang mampu menyentuh hati banyak orang dengan kasih-Mu.

Kata - Kata Bijak
Orang yang baik pasti selalu dinanti dan dirindukan oleh semua orang.

Yang Harus Dilakukan
Belajarlah untuk bersikap baik dan ramah kepada semua orang.

No comments: