Thursday, September 22, 2016

RAHASIA KELUARGA YANG BAHAGIA

Kamis, 22 September 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Mazmur 128:1-6

Bacaan Alkitab satu tahun
Kisah Para Rasul 21:1-26; Yosua 13-15

Ayat Hafalan
Mazmur 128:1, Berbahagialah setiap orang yang takut akan TUHAN, yang hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya!

Renungan Inspirasi
Apakah rahasia keluarga yang bahagia? Mungkin ada yang beranggapan bahwa keluarga kita akan bahagia jika kita memiliki harta yang melimpah, bisa membeli barang-barang yang kita inginkan dan bisa pergi berlibur ke semua tempat yang ingin kita kunjungi.

Mungkin juga ada yang beranggapan bahwa keluarga yang bahagia adalah memiliki pasangan yang sempurna, isteri yang cantik atau suami yang ganteng, pintar cari uang, dan lain sebagainya. Itu semua bukanlah jaminan seseorang bahagia. Tidak sedikit keluarga mengalami kehancuran walaupun mereka memiliki semua yang diimpikannya. Salah satu penyebabnya adalah karena mereka tidak hidup sesuai dengan prinsip-prinsip kebenaran yang Tuhan ajarkan.

Pemazmur memberikan jawaban bagaimana sebuah keluarga dapat memiliki kebahagiaan. Dikatakan bahwa setiap anggota keluarga harus belajar hidup takut akan Tuhan dan setia belajar melakukan perintah Tuhan (ay. 1). Bahkan di dalam ayatnya yang ke empat, Pemazmur lebih menekankan kepada peran seorang laki-laki (kepala keluarga) yang hidupnya takut akan Tuhan maka keluarganya akan diberkati. Berkat yang dijanjikan Tuhan ini bukan hanya berupa materi, harta, kekayaan atau jabatan, tetapi juga kebahagiaan dan damai sejahtera yang dicari dan diimpikan oleh semua orang di dunia ini. Juga dikatakan bahwa istri dan anak-anaknya akan menjadi berkat dan kebanggaan di dalam keluarga (ay. 3). Bahkan kebahagiaan itu akan menjadi miliknya untuk selamanya sampai ke anak cucunya (ay. 5-6). Apakah Anda juga rindu hal ini dialami dalam keluarga Anda? Belajarlah untuk hidup sesuai dengan Firman Tuhan.

Refleksi Diri
1. Apa kunci mengalami kebahagiaan dalam keluarga menurut Pemazmur (ay. 1, 4)?
2. Apa yang Tuhan ingin Anda lakukan agar memperoleh keluarga yang bahagia?

Pokok Doa
Tuhan aku mau menjadi pribadi yang takut akan Engkau agar kelak keluargaku hidup dalam berkat-Mu.

Kata - Kata Bijak
Keluarga yang takut Tuhan memiliki sumber berkat yang tidak akan habis hingga selamanya.

Yang Harus Dilakukan
Ambillah komitmen mulai hari ini untuk hidup takut akan Tuhan.

No comments: