Thursday, September 29, 2016

WAKTU UNTUK BERISTIRAHAT

Kamis, 29 September 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Markus 6:30-32

Bacaan Alkitab satu tahun
Kisah Para Rasul 26; Hakim-Hakim 9-10

Ayat Hafalan
Markus 6:31a, Marilah ke tempat yang sunyi, supaya kita sendirian, dan beristirahatlah seketika!

Renungan Inspirasi
Dalam Perang Dunia I, Red Baron dan rekan-rekannya penerbang Jerman nekat menerbangkan pesawat yang tidak dilengkapi klep pengontrol, yang berfungsi mengurangi dan menambah kecepatan. Padahal, pesawat yang terus dalam kecepatan penuh dapat mengalami kerusakan serius pada mesin. Bob Griffin, salah satu dari rekan mereka menceritakan bahwa ia sendiri menerbangkan pesawat yang dilengkapi klep pengontrol dan mesin Lycoming. Akan tetapi, kecepatan tinggi hanya diperbolehkan selama 5 menit awal. Dan tidak boleh dipakai seterusnya tapi harus dikurangi daya maksimum sesegera mungkin. Jika peringatan itu diabaikan, masalah pasti muncul. Sama halnya dengan kita, Tuhan tidak merancang kita supaya melakukan kegiatan terus menerus. Hidup kita perlu klep pengontrol atau perlu waktu istrahat. Apabila kita tidak menghiraukannya akibatnya pekerjaan tidak akan maksimal dan badan rentan terserang penyakit.

Tuhan Yesus sendiri adalah orang yang begitu giat dalam melayani, hampir tiap saat Ia bertemu dengan begitu banyak orang untuk dilayani. Akan tetapi Tuhan Yesus perlu mengistirahatkan dirinya untuk mengisi kembali tenaga-Nya (ay. 31). Mengutip pernyataan Ps. Rick Warren, “Sometimes the most spritual thing you can do is to get some rest” (Terkadang hal yang paling spritual yang dapat Anda lakukan adalah mendapatkan istirahat.) Aturlah waktu Anda agar dapat beristirahat. Ingatlah waktu istirahat yang cukup dapat membuat performa kerja dan pelayanan semakin maksimal.

Refleksi Diri
1. Hal apa yang dilakukan Tuhan Yesus ditengah-tengah pelayanan-Nya?
2. Selain beristirahat untuk memulihkan tubuh Anda, apakah Anda juga memiliki waktu untuk beristirahat di hadirat Tuhan untuk memulihkan kehidupan rohani Anda?

Pokok Doa
Tuhan terima kasih telah mengingatkan untuk mengatur waktu dengan baik agar aku dapat beristirahat memulihkan kondisi tubuhku.

Kata - Kata Bijak
Dengan istirahat yang cukup akan membuat kita lebih maksimal dalam pekerjaan.

Yang Harus Dilakukan
Mulailah mengatur waktu Anda dengan baik untuk beristirahat.

No comments: