Friday, September 30, 2016

"KETIDAKSEMPURNAAN" YANG DIPAKAI TUHAN

Jumat, 30 September 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Mazmur 139:13-18

Bacaan Alkitab satu tahun
Kisah Para Rasul 27:1-26; Hakim-Hakim 11-12

Ayat Hafalan
Mazmur 139:14 (BIS), Aku memuji Engkau sebab aku sangat luar biasa! Segala perbuatan-Mu ajaib dan mengagumkan, aku benar-benar menyadarinya.

Renungan Inspirasi
Pernahkah Anda memperhatikan permukaan bola golf yang penuh dengan lubang-lubang kecil? Lubang-lubang itu membuat bola golf kelihatan tidak sempurna. Kalau begitu, apa gunanya lubang-lubang kecil itu? Seorang insinyur aeronautika yang merancang bola golf berkata bahwa bola dengan permukaan yang mulus hanya dapat melayang sejauh kira-kira 119 meter dari tempat memukul bola itu. Tetapi bola golf yang memiliki lubang-lubang kecil akan melayang dua kali lebih jauh. Yang kelihatan sebuah "ketidaksempurnaan" itu, ternyata mengurangi hambatan udara dan memungkinkan bola itu melayang lebih jauh. Banyak orang sulit menerima kekurangan-kekurangan yang ada dalam dirinya, padahal sesuatu yang dianggap “ketidaksempurnaan” adakalanya Tuhan punya maksud tertentu. Kita harus percaya bahwa Tuhan menciptakan kita sempurna dalam maksud-Nya.

Daud menceritakan bahwa setiap manusia dibentuk oleh tangan Sang Pencipta (ay. 13). Setiap kita adalah hasil karya yang luar biasa dari Tuhan (ay. 14). Artinya, tidak peduli seperti apapun “ketidaksempurnaan” yang kita lihat, yang pasti Tuhan menghadirkan kita ke dalam dunia dengan suatu tujuan yang indah. Ia melengkapi dengan suatu anugerah dibalik “ketidaksempurnaan” itu agar rencana-Nya tergenapi. Mungkin bukan kita yang mengalami hal ini, tapi teman atau saudara kita yang memiliki keterbatasan secara fisik. Sudah menjadi tugas kita untuk membantu mereka pulih dari gambar diri yang salah. Sehingga mereka dapat menerima diri mereka dan bersyukur untuk keadaan mereka. Segala sesuatu mendatangkan kebaikan bagi mereka yang percaya kepada Tuhan. Pertanyaan hari ini, masihkah Anda meragukan rencana indah Tuhan dalam hidup Anda?

Refleksi Diri
1. Hal apa yang dikatakan pemazmur mengenai manusia ciptaan Tuhan?
2. Apa yang harus Anda lakukan ketika memiliki keterbatasan fisik?

Pokok Doa
Tuhan terima kasih bahwa Engkau menghadirkan aku ke dalam dunia dengan sebuah tujuan yang mulia yaitu untuk menggenapi rencana-Mu.

Kata - Kata Bijak
Percayalah Tuhan selalu memiliki rencana yang besar dibalik segala keterbatasan Anda.

Yang Harus Dilakukan
Percayalah bahwa Tuhan sanggup memakai Anda untuk kemuliaan-Nya.

No comments: