Sunday, October 30, 2016

BELAJAR MENEPATI JANJI

Minggu, 30 Oktober 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Matius 5:17-48

Bacaan Alkitab satu tahun
1 Korintus 7:17-40; 1 Raja-Raja 8-9

Ayat Hafalan
Matius 5:37, “Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak.  Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat”

Renungan Inspirasi
Salah satu peraturan yang tidak tertulis di dunia Barat adalah, seseorang harus selalu berusaha menepati janjinya. Hal itu yang dialami oleh Andrew Garcia, pada bulan September pada tahun 1878, ia membeli perbekalan di Bozeman, Montana, untuk berburu kerbau liar. Namun untuk membayar sepuluh ekor bagal, amunisi, makanan, dan peralatan ia masih kekurangan 300 dollar. Akhirnya ia harus meminjam uang kepada seorang pedagang, ia pun berjanji untuk melunasinya pada tanggal 1 Januari tahun depan. Tapi ketika waktunya ia harus pergi untuk melunasi hutangnya, salju musim dingin turun lebih awal sehingga ia harus bersusah payah menembus perjalanan sejauh 2.100 Km melalui Colorado dan turun melewati New Mexico. Tepat setahun kemudian, ia sampai ke Bozeman. “Kau tak perlu repot-repot begitu”, kata teman-temannya. Namun Garcia berkata, “Bagi saya menepati janji bukanlah perkara sepele tapi perkara serius yang perlu diselesaikan.”

Kita sering mendengar istilah PHP (Pemberi Harapan Palsu), yaitu mereka yang sering mengumbar janji tetapi tidak pernah ditepati. Tuhan kita Yesus Kristus tidak ingin orang percaya memiliki kepribadian seperti itu, melainkan Ia ingin orang percaya dapat bertanggung jawab untuk setiap janjinya (ay. 37). Maksudnya adalah agar kita tidak terjebak dari kebiasaan ingkar janji yang pada ujungnya menjadi pribadi yang suka berbohong. Dengan belajar menepati janji bukan saja membuat hidup semakin selaras dengan Firman, tapi dampaknya dapat dirasakan orang di sekitar kita, yang pada akhirnya dapat melihat terang Kristus ada didalam pribadi kita.

Refleksi Diri
1. Pribadi seperti apa yang Tuhan Yesus inginkan dari orang percaya (ay. 37)?
2. Apa dampak ketika Anda menjadi pribadi yang dapat menepati janji?

Pokok Doa
Tuhan sertailah setiap langkahku saat belajar untuk menepati janji kepada orang lain, agar nama-Mu senantiasa ditinggikan melalui hidupku.

Kata - Kata Bijak
Jadilah pribadi yang menepati janji, sama seperti Tuhan yang selalu menepati janji-Nya.

Yang Harus Dilakukan
Belajarlah untuk menganggap penting sebuah janji yang Anda berikan.

No comments: