Tuesday, October 04, 2016

BERDAMPAK LEWAT PERKATAAN

Selasa, 4 Oktober 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Amsal 12:15-23

Bacaan Alkitab satu tahun
Roma 2; Rut 1-4

Ayat Hafalan
Amsal 12:18, Ada orang yang lancang mulutnya seperti tikaman pedang, tetapi lidah orang bijak mendatangkan kesembuhan.

Renungan Inspirasi
Ada kejadian yang unik selama Perang Boer (1899-1902) yaitu, seorang pria dihukum atas kejahatan yang sangat tidak wajar. Ia dianggap sebagai pengkhianat, karena selama peperangan berlangsung di kota Ladysmith di Afrika Selatan, ia dengan sengaja berlari ke sana kemari di antara para prajurit perang dengan mengeluarkan kata-kata negatif seperti: “Kekuatan musuh kalian jauh lebih besar dan kalian pasti akan kalah”; “Apakah kalian mengalami kesulitan saat ini? Menyerah saja!”; “Kependudukan musuh tak mungkin dihindarkan atas kota ini!” Perkataan ini terus menerus dikatakan dengan tujuan ingin mematahkan semangat para prajurit. Pria ini berperang tidak menggunakan senjata seperti layaknya prajurit tapi senjatanya adalah dengan mengeluarkan perkataan-perkataan negatif. Para prajurit akhirnya terpengaruh dengan kata-kata pria itu dan alhasil mereka menyerah kalah. Dari peristiwa ini, terbukti bahwa dalam tiap perkataan yang negatif ternyata bisa membawa dampak besar kepada orang lain.

Raja Salomo dengan hikmat Tuhan banyak menasihatkan mengenai pentingnya menjaga perkataan. Salah satu nasihatnya, lidah orang lancang seperti pedang, tapi perkataan orang yang bijak membawa kesembuhan (ay. 18). Setiap apa yang kita katakan memiliki konsekuensi. Kita dapat membawa sebuah inspirasi dan kebahagiaan atau kesedihan dan luka hati kepada orang lain. Mari jadilah bijak dengan mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum mengucapkan sesuatu kepada orang lain. Di sekeliling kita mungkin ada orang-orang yang pernah sakit hati akibat perkataan yang negatif. Mari kuatkan kembali iman mereka melalui kata-kata yang membangun iman. Pertanyaaannya kapan terakhir Anda menjadi berkat lewat perkataan?

Refleksi Diri
1. Mengapa kita perlu memperhatikan tiap ucapan kita saat berkata-kata?
2. Apa dampak dari Anda memperkatakan hal positif di sekeliling Anda?

Pokok Doa
Tuhan terima kasih telah mengingatkan aku agar senantiasa menjadi berkat lewat tiap perkataan yang diucapkan sehari-hari.

Kata - Kata Bijak
Dalam tiap perkataan hanya terdapat dua akibat yaitu dampak positif atau negatif.

Yang Harus Dilakukan
Belajarlah untuk memperkatakan hal yang positif bagi orang lain.

No comments: