Saturday, October 08, 2016

BETAPA BESARNYA KASIH BAPA

Sabtu, 8 Oktober 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Mazmur 30:1-13

Bacaan Alkitab satu tahun
Roma 6; 1 Samuel 10-12

Ayat Hafalan
Mazmur 30:6, Sebab sesaat saja Ia murka, tetapi seumur hidup Ia murah hati; sepanjang malam ada tangisan, menjelang pagi terdengar sorak- sorai.

Renungan Inspirasi
Jean Brandt adalah seorang pengacara terkenal di Ceveland Ohio Amerika Serikat. Suatu saat ia bercerita mengenai betapa besar kasih orang tua kepadanya. Pada saat ia berumur 13 tahun, ia pernah ketahuan sedang mencuri sebuah bros seharga 75 sen. Akhirnya ia ditangkap dan dimasukkan ke dalam penjara. Saat ia diberikan kesempatan untuk menelepon orang tuanya, ia menjelaskan kepada orang tuanya tentang apa yang terjadi dan pada akhir pembicaraan dengan suara terbata-bata ia berkata, “maafkan saya.” "Maaf saja tidaklah cukup," jawab ibunya. "Aku kecewa padamu." Karena merasa telah menyakiti hati orangtuanya, Jean merasa dirinya pantas menerima kemarahan dan hukuman keras dari orangtuanya. Ayahnya berkata, "Ayah tak akan menghukummu. Apa yang kamu lakukan memang salah, tetapi Ayah pikir kamu telah cukup terhukum selama berada di penjara."

Raja Daud dalam kehidupan dikenal memiliki hubungan yang dekat dengan Tuhan. Dia memahami Tuhan sebagai Bapa dalam hidupnya. Hal tersebut terlihat hampir diseluruh tulisannya. Salah satunya mazmurnya, “Kemarahan Tuhan hanya berlangsung sesaat saja, Dia memberi pengampunan dan tidak lagi mengingat-ingat kesalahan. Perkenanan-Nya berlaku seumur hidup (ay. 6). Terkadang saat orang melakukan kesalahan ia takut menghampiri Tuhan karena merasa dirinya tidak layak. Ia melupakan satu kebenaran, Tuhan adalah Bapa dan anugerah-Nya kekal. Ingatlah murka Tuhan tidak selama-lamanya bagi orang yang mau datang kepada-Nya. Percayalah, Tuhan berjanji akan menghapus segala rasa malu akibat dosa. Pertanyaannya, apakah Anda telah melakukan perbuatan dosa  dalam hidup Anda? Masih ragukah Anda dengan kasih Bapa bagi Anda?

Refleksi Diri
1. Apa pendapat dari seorang Raja Daud mengenai kasih Tuhan?
2. Apa yang harus Anda lakukan saat berdosa dan merasa tidak layak?

Pokok Doa
Bapa terima kasih buat kasih-Mu yang begitu besar. Engkau mau mengampuni segala pelanggaranku, bahkan mengasihiku selama-lamanya.

Kata - Kata Bijak
Kalau bapa di dunia saja begitu mengasihi anaknya terlebih lagi Bapa kita di sorga.

Yang Harus Dilakukan
Hampirilah Tuhan dengan iman bahwa Ia sangat mengasihi Anda.

No comments: