Thursday, October 27, 2016

BIJAKLAH MENGELOLA BERKAT TUHAN

Kamis, 27 Oktober 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Amsal 21:17-21

Bacaan Alkitab satu tahun
1 Korintus 5; 1 Raja-Raja 1-2

Ayat Hafalan
Amsal 21:20, Harta yang indah dan minyak ada di kediaman orang bijak, tetapi orang yang bebal memboroskannya.

Renungan Inspirasi
Seorang yang bernama Allen Stanford pernah terdaftar sebagai salah satu orang terkaya di dunia versi Forbes pada tahun 2008, dengan kekayaan 2,2 miliar USD. Tapi ironisnya setahun kemudian, pengadilan Amerika justru menjatuhkan hukuman penjara selama 110 tahun. Ternyata Allen terbukti telah melakukan penggelapan uang investor senilai ratusan miliar USD, pencucian uang dan menyuap pihak pengadilan. Saat kepolisian Amerika mendalami kasusnya, salah satu juru bicaranya mengatakan, “Allen gagal mengelola kekayaannya dengan baik, padahal ayahnya adalah seorang mantan walikota di Texas pada tahun 1980. Keluarganya adalah orang kaya terkenal”, tutur George. “Pria kelahiran Texas itu mempunyai gaya hidup yang sangat boros, ia gemar berpesta dan berkeliling dunia dengan memakai fasilitas kelas satu dan semua biaya bersumber dari penipuan investasi tersebut“, lanjutnya. Ternyata kebiasaan hidup menghamburkan uang telah menciptakan rasa tidak puas dalam diri Allen, sehingga tanpa disadari telah menyeretnya dalam banyak kejahatan.

Penulis Amsal pernah mengatakan bahwa segala berkat Tuhan akan tetap tinggal bagi orang yang dapat mengaturnya. Tapi sebaliknya harta yang banyak sekalipun tidak akan bertahan lama bagi orang yang menghamburkannya (ay. 21). Kita sadar bahwa segala berkat adalah titipan dari Tuhan, dan Ia ingin kita bijak mengelolanya. Kita dapat menerapkannya dengan sebuah prinsip sederhana ini. Mulailah dengan belajar disiplin mengembalikan milik Tuhan, sisikanlah untuk ditabung, aturlah dengan bijak untuk kebutuhan hidup. Prioritaskan kebutuhan bukan keinginan. Saat kita mampu mengelolanya dengan baik, maka Tuhan akan mempercayakan berkat-Nya dengan berlimpah.

Refleksi Diri
1. Menurut Amsal apa dampak ketika kita bijak mengatur berkat Tuhan (ay. 21)?
2. Apa saja prinsip sederhana dari mengelola berkat Tuhan?

Pokok Doa
Tuhan terima kasih, Engkau telah memberitahuku agar aku dapat dengan bijak mengatur segala berkat yang Engkau percayakan dalam hidupku.

Kata - Kata Bijak
Segala berkat adalah titipan Tuhan sebab itu bijaklah dalam mengaturnya.

Yang Harus Dilakukan
Belajarlah untuk tidak menghamburkan berkat Tuhan demi keinginan Anda.

No comments: