Saturday, October 01, 2016

IMPACTFUL LIFE

Sabtu, 1 Oktober 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Matius 5:13-16

Bacaan Alkitab satu tahun
Kisah Para Rasul 27:27-44; Hakim-Hakim 13-15

Ayat Hafalan
Matius 5:16, Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang,  supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik  dan memuliakan Bapamu yang di sorga.

Renungan Inspirasi
Dikutip dari media Kompas, kolom kesehatan, edisi 27 Juli 2013. Mengenai fakta-fakta penyakit Flu atau Influenza. Dalam tulisan itu dikatakan bahwa, virus Influenza adalah “jenis penyakit yang paling cepat menular di dunia.” Bahkan menurut Dr. Daniel Caplivski, ahli penyakit menular dari Mount Sinai Medical Center di New York. Penyakit ini adalah yang paling tua di dunia. Dari masa ke masa para ahli kesehatan telah mencoba untuk mencari solusi pengobatan untuk penyakit ini. Tapi faktanya beberapa tahun terakhir telah muncul penyakit turunannya semacam flu babi, flu burung, flu tulang, flu Hongkong, dan lain-lain. Menurutnya, hal itu disebabkan karena mobilitas orang yang semakin cepat, baik antar kota atau negara.” Ada satu lagi sebuah fakta menarik dari penyakit ini. Ternyata terjemahan bahasa Inggris kata “influence” atau “pengaruh” berasal dari kata Latin ‘influenza’.

Yesus Kristus pernah mengajarkan bahwa kehidupan orang Kristen harus menularkan pengaruh lewat hidupnya. Hal tersebut nampak jelas dari perumpamaan tentang garam, dan terang (ay. 13-16). Di bulan ini gereja NDC mengangkat tema “Impactful Life” atau Hidup yang Berdampak. Dengan harapan tiap jemaat dapat hidup berdampak positif bagi orang lain. Sebagai contoh, dalam dunia kerja kita harus memiliki karakter Kristus serta memberikan kinerja terbaik dalam perusahaan. Dalam keluarga, kita harus menjadi teladan bagi anggota keluarga lain. Atau sebagai warga negara maka kita wajib menaati segala peraturan pemerintah, bahkan ikut berkontribusi bagi negara. Ketika dunia melihat hidup kita yang berdampak, percayalah nama Tuhan akan semakin ditinggikan.

Refleksi Diri
1. Apa yang dimaksud Tuhan  Yesus  menjadi “garam dan terang dunia”?
2. Sebutkan contoh-contoh cara Anda menerapkan hidup yang berdampak?

Pokok Doa
Tuhan bimbinglah setiap langkah dalam hidupku agar dapat memberi dampak yang baik bagi orang lain.

Kata - Kata Bijak
Tujuan dari hidup yang berdampak adalah agar nama Tuhan  Yesus  semakin dipermuliakan.

Yang Harus Dilakukan
Mulailah hari ini  dengan belajar memberi satu nilai positif kepada orang lain.

No comments: