Saturday, October 29, 2016

KEBAHAGIAN ORANG YANG DIAMPUNI

Sabtu, 29 Oktober 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Mazmur 32:1-11

Bacaan Alkitab satu tahun
1 Korintus 7:1-16; 1 Raja-Raja 6-7

Ayat Hafalan
Mazmur 32:1, Dari Daud. Nyanyian pengajaran. Berbahagialah orang yang diampuni pelanggarannya, yang dosanya ditutupi!

Renungan Inspirasi
"Tiru Bhutan, India Akan Buat Kementerian Kebahagiaan”. Demikian headline global.liputan6.Detik.com. Diberitakan bahwa kementerian baru ini dibentuk oleh negara bagian Madhya Pradesh, untuk melacak perkembangan tingkat kebahagiaan nasional yang dimiliki tetangganya, Bhutan. "Negara bagian akan bertanggung jawab atas kebahagiaan dan toleransi warga, serta akan melibatkan para ahli psikologi untuk membimbing warga tentang caranya selalu bahagia," kata Shivraj Singh Chouhan selaku Kepala Menteri Negara Bagian Madhya Pradesh. Rencananya, kementerian yang baru itu akan mengawasi 70 program sosial termasuk aktivitas yoga, spiritualitas, meditasi, dan kesenian. Selain itu, ditawarkan juga ziarah keagamaan bebas biaya bagi kaum lanjut usia. Langkah pembuatan kementerian kebahagiaan itu mendapat berbagai tanggapan dari berbagai pihak termasuk rekan sesama menteri di New Delhi. Menanggapi berita ini, kita  dapat melihat betapa seriusnya usaha-usaha orang dunia untuk meraih kebahagiaan.

Salah satu sikap yang membedakan orang percaya dengan orang dunia adalah hal kebahagiaan. Bagi orang dunia bahagia memiliki arti keadaan atau suasana hati yang tenteram dan damai, bebas dari rasa susah. Tapi bagi orang percaya, alasan berbahagia bukan semata-mata karena tidak ada masalah dalam hidup. Atau telah menerima berkat-berkat materi yang besar dari Tuhan, tapi karena berkat rohani yang Tuhan telah berikan. Berkat rohani tersebut berupa pengampunan dosa (ay. 1-2). Hari ini apakah Anda sedang mengalami kesusahan atau sedang memiliki masalah dalam hidup? Bukankah kita adalah orang percaya? Mari pancarkan kebahagiaan dalam kehidupan sehari-hari (ay. 11).

Refleksi diri
1. Apa arti kebahagiaan menurut Pemazmur dalam renungan ini (ay. 1-2)?
2. Mengapa Anda harus senantiasa berbahagia dalam menjalani hidup?

Pokok Doa
Tuhan terima kasih telah memberikan aku pengampunan atas segala dosa-dosaku, bahkan Engkau tidak mengingat-ingatnya lagi.

Kata - Kata Bijak
Tidak ada kebahagiaan lain yang menandingi kebahagiaan orang yang diampuni dosanya.

Yang Harus Dilakukan
Renungkanlah kembali kasih Tuhan yang telah mengampuni segala dosa Anda.

No comments: