Tuesday, October 11, 2016

KETELADANAN DALAM KESETIAAN

Selasa, 11 Oktober 2016

Bacaan Alkitab hari ini
2 Timotius 4:1-8

Bacaan Alkitab satu tahun
Roma 8:18-39; 1 Samuel 17-18

Ayat Hafalan
2 Timotius 4:7, Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir  dan aku telah memelihara iman.

Renungan Inspirasi
Pada tahun 155 M, hiduplah seorang Uskup di kota Smyrna yang bernama, Polycarpus. Sebelum dibakar hidup-hidup karena tidak mau mengingkari imannya. Polycarpus dibawa menghadap seorang perwira Romawi. Kata perwira itu: "Kutukilah Kristus, maka engkau boleh pergi dengan bebas." Tetapi Polycarpus menjawab: "Selama 86 tahun aku berbakti kepada Kristus dan selama itu belum pernah Dia mengecewakan aku. Bagaimana aku dapat mengutuki Raja yang menyelamatkan aku?” Polycarpus akhirnya diikat di sebuah tiang gantungan, maka dinyalakanlah api di sekitar tiang tempat Polycarpus yang tua itu. Dengan tenang dan penuh iman, Polycarpus berdoa dan memuji Tuhan selama api menjilat-jilat dan membakarnya sampai akhirnya ia mati. Polycarpus telah menunjukkan kesetiaannya dalam melayani dan mengikut Tuhan sampai akhir hidupnya.

Paulus pernah menyatakan ia telah mengakhiri pertandingan imannya dengan baik (ay. 7). Sejak awal ia dipanggil Tuhan melayani hingga akhir masa hidupnya dengan tetap setia ia melakukan panggilannya. Paulus ingin agar Timotius mengikuti teladan imannya, sehingga orang percaya lainnya bisa mengikuti kesetiaan iman dari Timotius. Sebagai orang percaya kita diingatkan agar menjadi teladan dalam kesetiaan. Apabila kita setia hingga akhir dalam iman, maka akan menjadi buah kesaksian bagi orang di sekitar kita. Contoh, ketika seorang ayah dan ibu setia memelihara iman di dalam rumah tangga, maka menjadi kesaksian bagi anak yang kelak akan membangun rumah tangga. Seberat apapun pergumulan yang kita alami bertahanlah dalam iman. Orang yang tetap setia akan menerima mahkota kebenaran.

Refleksi Diri
1. Apa isi nasihat Paulus kepada Timotius (ay. 7)?
2. Apakah dampak ketika Anda menjadi teladan dalam kesetiaan?

Pokok Doa
Tuhan kuatkan iman percayaku agar aku tetap setia sampai langkah yang terakhir.

Kata - Kata Bijak
Setia itu bukan hanya kata-kata semata. Setia itu harus dipraktekkan dan diperjuangkan.

Yang Harus Dilakukan
Belajarlah setia mulai dari hal-hal yang sederhana di dalam hidup Anda.

No comments: