Friday, October 21, 2016

MELAKUKAN PERBUATAN BAIK

Jumat, 21 Oktober 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Galatia 6:1-10

Bacaan Alkitab satu tahun
Roma 15:14-33 ; 2 Samuel 12-13

Ayat Hafalan
Galatia 6:9, Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah.

Renungan Inspirasi
Pernahkah Anda melakukan sebuah kebaikan kepada seseorang tapi orang tersebut tidak menghargainya? Akhirnya Anda berpikir saya tidak akan melakukannya lagi. Mungkin Anda dapat menonton sebuah film inspiratif yang berjudul “Pay It Forward”. Film ini bercerita tentang seorang anak berumur 8 tahun, yang ingin menerapkan kebaikan kepada tiga orang disekitarnya. “Jika kita melakukan hal yang baik kepada seseorang dan orang itu melakukan hal yang sama kepada beberapa orang lagi dan begitu seterusnya, tentulah dunia ini akan dipenuhi orang-orang yang baik dan saling mengasihi,” demikian pikir Trevor, nama anak tersebut. Namun idenya ternyata tidak mudah untuk diwujudkan, karena beberapa kandidat yang diharapkan menjadi agen kebaikan justru gagal. Tapi Trevor tidak menyerah, dia memilih terus melakukan kebaikan. Meskipun akhirnya dia sendiri harus meninggal, tapi satu perbuatan baiknya ternyata telah diteruskan oleh orang lain dan menyebar hampir di seluruh kota Los Angeles.

Rasul Paulus pernah menasihatkan kepada jemaat yang ada di Galatia, agar mereka terus melakukan kebaikan kepada saudara seiman. Bahkan meneruskan perbuatan baik kepada semua orang, karena suatu saat apa yang dilakukan pasti akan menuai hasilnya (ay. 7). Banyak di antara kita kadang gampang menyerah saat mendapatkan respon yang tidak seharusnya. Ketahuilah, tugas kita hanyalah terus menerus melakukan kebaikan sesuai dengan perintah Tuhan. Untuk selanjutnya, biarlah Roh kudus yang bekerja di dalam kehidupan orang tersebut. Yakinlah tiap kebaikan suatu saat pasti akan bertumbuh dan berbuah tepat pada waktunya.

Refleksi Diri
1. Mengapa kita harus tetap berbuat baik kepada semua orang?
2. Apa janji Tuhan apabila Anda tidak jemu-jemu berbuat baik?

Pokok Doa
Tuhan terima kasih telah mengingatkan aku, bahwa setiap benih kebaikan yang ditaburkan tidak akan pernah menjadi sia-sia. Melainkan akan tetap berbuah tepat pada waktunya.

Kata - Kata Bijak
Segala perbuatan baik kita suatu saat akan kembali dalam hidup kita.

Yang Harus Dilakukan
Belajarlah melakukan satu kebaikan yang berguna kepada satu orang yang Anda temui.

No comments: