Sunday, October 09, 2016

MEMAHAMI CARA KERJA TUHAN

Minggu, 9 Oktober 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Roma 8:18-30

Bacaan Alkitab satu tahun
Roma 7; 1 Samuel 13-14

Ayat Hafalan
Roma 8:28, Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Renungan Inspirasi
Sebuah kejadian mengharukan terekam dalam sebuah video rekaman CCTV yang diposting oleh sebuah akun di Instagram. Dalam sebuah video rekaman CCTV ini terlihat seorang bocah selamat dari lindasan mobil. Dalam video yang berdurasi 1 menit 3 detik itu, bocah itu tampak berjalan perlahan di sebuah jalanan di kawasan pasar. Saat bocah itu tiba di perempatan jalan, tiba-tiba saja bocah itu terjatuh. Bersamaan dengan itu, lewat sebuah mobil van yang berbelok ke arah dia. Mobil itu melewati tubuh balita yang masih tengkurap di jalan. Untungnya bocah tersebut selamat. Tak lama kemudian bocah itu bisa bangkit dan berjalan lagi. Sampai hari ini tidak diketahui di negara mana tempat kejadiannya. Tapi dari tanggal di CCTV, peristiwa tersebut terjadi di tahun 2016. Apakah sekedar keberuntungan semata? Entahlah, tapi yang pasti kejadian kecil yang terjadi pada bocah itu (jatuh tengkurap) justru telah menyelamatkannya.

Tiap kejadian yang terjadi dalam kehidupan selalu memiliki tujuan. Rasul Paulus menasihatkan kepada jemaat di Roma agar tetap memiliki pengharapan kepada Tuhan di tengah situasi penindasan. Dibalik segala kejadian yang terjadi, Tuhan sedang membawa kepada sesuatu yang lebih baik (ay. 29). Demikian pun setiap kita, terkadang menghadapi masalah besar yang tidak bisa dihindari. Bahkan membuat kita terpuruk di titik terendah dalam hidup kita. Tapi jangan berpikir bahwa masalah tersebut hadir untuk menghancurkan kita. Justru lewat masalah itu iman kita menjadi lebih dewasa. Tetaplah teguh menaruh pengharapan kepada Tuhan. Ingatlah, kita hanya perlu melewatinya untuk menuju kepada segala kebaikan.

Refleksi Diri
1. Apa isi nasihat Rasul Paulus bagi jemaat di Roma?
2. Mengapa kadang Tuhan mengijinkan masalah hadir dalam kehidupan Anda?

Pokok Doa
Tuhan terima kasih telah menerangi hatiku. Bahwa hal yang sulit yang aku jalani hari ini satu saat akan menjadi kebahagiaan dalam hidupku.

Kata - Kata Bijak
Masalah terbesar di dalam hidup adalah saat Anda tidak menyadari Tuhan bersama Anda.

Yang Harus Dilakukan
Tetaplah percaya bahwa segala sesuatu yang terjadi untuk kebaikan Anda.

No comments: