Wednesday, October 19, 2016

MEMPERHATIKAN ORANG LAIN

Rabu, 19 Oktober 2016

Bacaan Alkitab hari ini
2 Korintus 8:1-15

Bacaan Alkitab satu tahun
Roma 14; 2 Samuel 6-8

Ayat Hafalan
2 Korintus 8:14,"Maka hendaklah sekarang ini kelebihan kamu mencukupkan kekurangan mereka, agar kelebihan mereka kemudian mencukupkan kekurangan kamu, supaya ada keseimbangan."

Renungan Inspirasi
Ada sebuah kisah nyata yang terjadi di Jepang. Ketika sedang merenovasi sebuah rumah, seseorang mencoba merontokkan tembok. Rumah di Jepang biasanya memiliki ruang kosong di antara tembok yang terbuat dari kayu. Ketika tembok mulai rontok, dia menemukan seekor kadal terperangkap di antara tembok di antara ruang kosong itu, karena kakinya melekat pada sebuah paku itu. Ternyata, paku tersebut telah ada di situ 10 tahun lalu ketika rumah itu pertama kali dibangun. Pria itu penasaran bagaimana caranya kadal tersebut dapat bertahan dengan kondisi terperangkap selama itu. Pria itu pun menghentikan pekerjaannya dan terus memperhatikan. Setelah beberapa saat, tiba-tiba muncullah seekor kadal lain dengan makanan di mulutnya dan memberikan makanan kepada kadal yang terpaku itu. Orang itu merasa terharu melihat hal itu. Ternyata masih ada seekor kadal lain yang selalu memperhatikan kadal yang terperangkap itu selama 10 tahun. Dari kisah ini kita dapat bercermin bahwa seekor kadal saja mau memperhatikan kadal yang lain, seharusnya orang percaya pun lebih lagi.

Rasul Paulus pernah menasihatkan agar jemaat Korintus turut melakukan pelayanan kasih dalam hal memperhatikan kebutuhan orang lain. Ia menjelaskan karena Tuhan Yesus terlebih dahulu melakukannya bagi mereka (ay. 8-9). Sebagai orang percaya, terkadang tanpa disadari sering hidup terlalu fokus kepada segala pencapaian diri sendiri. Hingga akhirnya lupa memperhatikan orang yang berkekurangan di sekitar kita. Saat ini mari kita ubah hal tersebut. Belajarlah memiliki hati seperti Yesus. Apalagi bagi kita yang hidup diberkati berkelimpahan, kita harus menanggung kebutuhan mereka yang berkekurangan. Lakukanlah dengan tulus. Percayalah Tuhan akan membalas dengan segala berkat dalam hidup Anda.

Refleksi Diri
1. Apa fokus nasihat Paulus kepada jemaat Korintus (ay. 14)?
2. Apa dampaknya saat Anda memperhatikan orang yang berkekurangan?

Pokok Doa
Tuhan ampuni aku yang terkadang melupakan orang-orang di sekitar yang membutuhkan pelayanan kasih melalui hidupku.

Kata - Kata Bijak
Saat Anda memperhatikan orang yang membutuhkan, Anda telah melakukan untuk Tuhan.

Yang Harus Dilakukan
Belajarlah untuk memiliki hati yang peka memperhatikan orang yang berkekurangan.

No comments: