Thursday, October 13, 2016

MEMPERTANYAKAN KEHADIRAN TUHAN

Kamis, 13 Oktober 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Ayub 42:1-6

Bacaan Alkitab satu tahun
Roma 9:16-33; 1 Samuel 22-23

Ayat Hafalan
Ayub 42:1-2, Maka jawab Ayub kepada TUHAN: "Aku tahu, bahwa Engkau sanggup melakukan segala sesuatu, dan tidak ada rencana-Mu yang gagal.

Renungan Inspirasi
Aksi sedikit aneh pernah terjadi pada Majelis Hakim Pengadilan Douglas Country di Amerika Serikat yang menolak gugatan senator Ernie Chambers. Sang Senator asal Nebraska ini mempertanyakan keputusan Tuhan yang telah menjatuhkan bermacam malapetaka di dunia. Dilansir BBC, Chambers merasa kota Omaha mengalami kesengsaraan hidup. Mereka mengalami kemiskinan, bencana alam serta ancaman terorisme. Senator Chambers kemudian menyimpulkan Tuhan telah berlaku tidak adil pada manusia sehingga patut digugat ke pengadilan. “Saya berani mengajukan perkara ini karena pengadilan mengakui eksistensi Tuhan,” kata Chambers. ”Konsekuensi dari pengakuan tersebut adalah pengakuan atas sifat sebagai Yang Maha Tahu”. Setelah sidang perdana, hakim menyatakan gugatan Senator tidak dapat dilanjutkan. Alasannya, Tuhan tidak bisa dihubungi petugas pengadilan untuk hadir dalam sidang pembacaan dakwaan.

Hal yang hampir sama pernah terjadi kepada Ayub. Ayub terus mencurahkan kepahitan hatinya kepada Tuhan karena merasa diperlakukan dengan tidak adil. Tapi sekalipun Ayub merasa bahwa Tuhan telah menarik kasih-Nya, dia tetap percaya akan Tuhan (Ayub 10:1-15). Pada umumnya saat kita berada di puncak masalah, seringkali kita mempertanyakan kehadiran-Nya. Bahkan mungkin ingin berniat meninggalkan Tuhan. Percayalah, Tuhan hanya memiliki daftar segala hal-hal yang baik untuk kita. Ingat segala pergumulan pasti ada masanya dan satu saat akan berakhir (ay. 2). Kita hanya perlu tetap percaya kepada Tuhan. Hari ini apakah Anda sedang mempertanyakan Tuhan?

Refleksi Diri
1. Apa isi ucapan Ayub saat menyadari kebaikan Tuhan (ay. 5-6)?
2. Apa yang Anda harus lakukan saat mengalami pergumulan yang berat?

Pokok Doa
Tuhan ampuni aku yang kadang meragukan kehadiran-Mu di dalam hidupku. Berilah aku kekuatan untuk melewati setiap masalah yang sedang aku alami.

Kata - Kata Bijak
Ingatlah setiap masalah pasti ada masanya dan satu saat akan berakhir.

Yang Harus Dilakukan
Belajarlah untuk tetap percaya kepada Tuhan meski dalam situasi yang sangat sulit.

No comments: