Wednesday, October 12, 2016

MENEMUKAN TUJUAN HIDUP

Rabu, 12 Oktober 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Efesus 2:1-10

Bacaan Alkitab satu tahun
Roma 9:1-15; 1 Samuel 19-21

Ayat Hafalan
Efesus 2:10, Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.

Renungan Inspirasi
Salah satu penemuan yang dianggap paling berguna diabad 19 adalah penemuan handphone (telepon genggam). Alat komunikasi nirkabel tersebut diakui oleh dunia sebagai hasil penemuan Martin Cooper. Martin Cooper dibantu seorang insiyur proyek portable Motorola, John F. Mitchell. Mereka mengembangkan telepon selular berawal dari sebuah  keinginan untuk menciptakan produk komunikasi yang dapat dibawa kemana pun dan tidak terpaku pada satu tempat. Mereka akhirnya berhasil menciptakan handphone dalam waktu 3 bulan di tahun 1972, sedangkan panggilan telepon selular pertama terjadi pada tanggal 3 April 1973. Panggilan pertama ditujukan kepada Dr. Joel S. Engel, kepala riset di Bell Labs. Dalam hal ini kita mendapat sebuah pelajaran penting bahwa sebuah handphone diciptakan dengan sebuah tujuan khusus, yaitu untuk mempermudah komunikasi diantara manusia.

Rasul Paulus pernah menyatakan bahwa orang percaya diciptakan untuk senantiasa hidup di dalam kehendak-Nya (ay. 10). Banyak orang tidak tahu tujuan hidupnya, sehingga ia hidup sembarangan seperti yang dia mau. Dia hanya berpikir, setelah lahir, selesaikan pendidikan, bekerja, menikah, memiliki keturunan, hidup tua bahagia dan meninggal.  Setiap kita diciptakan bukan untuk kepentingan sendiri tetapi untuk kepentingan Tuhan. Rick Warren pernah berkata “manusia diciptakan untuk kesenangan Tuhan”. Artinya siapapun kita saat ini, entah sebagai pengusaha, karyawan, seniman, olahragawan atau hal apapun itu, pada intinya kita wajib hidup di dalam kebenaran-Nya. Hari ini apakah Anda telah menemukan tujuan hidup Anda?

Refleksi Diri
1. Apa yang menjadi tujuan hidup tiap manusia menurut Paulus?
2. Bagaimana cara Anda menemukan tujuan hidup Anda?

Pokok Doa
Tuhan terima kasih Engkau telah mengingatkan tujuan utama mengapa aku diciptakan.

Kata - Kata Bijak
Tujuan hidup utama dari manusia yaitu untuk belajar melakukan kehendak Tuhan.

Yang Harus Dilakukan
Berdoalah minta Tuhan membuka pengertian ilahi untuk mengerti tujuan hidup Anda.

No comments: