Monday, October 03, 2016

MENERIMA DIRI SENDIRI

Senin, 3 Oktober 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Mazmur 139:1-17

Bacaan Alkitab satu tahun
Roma 1; Hakim-Hakim 19-21

Ayat Hafalan
Mazmur 139:14, Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadi-anku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya.

Renungan Inspirasi
Woman Suddenly Realizes She’s Fat’ begitulah judul video yang menjadi viral di media sosial, yang telah ditonton lebih dari 29.000 kali dan mendapatkan komentar lucu dari para netizen. Wanita yang tidak diketahui namanya itu tertangkap kamera sedang mengamuk di dalam kereta. Tak hanya mengamuk, ia bahkan meraung-raung dan menarik daging di perutnya usai menyadari dirinya gemuk. Tidak jelas apa yang memicu sang wanita melakukan hal aneh itu, kejadian ini direkam oleh salah satu penumpang kereta yang duduk berhadapan dengannya dan diunggah ke media sosial. Tidak sampai disitu, kemudian ia berdiri dan menjambak rambutnya sambil berteriak, "Oh Tuhan mengapa aku sangat gemuk?" Wanita itu terlihat seperti depresi karena memiliki tubuh gemuk. Ia terus meraung keras seperti bayi yang sedang menjerit. Membaca kejadian tersebut pasti membuat kita tersenyum sendiri, tapi kenyataanya masih banyak orang yang belum menyadari bahwa dirinya adalah maha karya terbaik dari Tuhan.

Dalam Alkitab, raja Daud pernah menuliskan kebenaran mengenai keberadaan manusia di dalam dunia. Daud mengatakan bahwa keberadaannya adalah hasil ciptaan Tuhan yang luar biasa sempurna (ay. 14). Bahkan dirinya bukanlah sebuah hasil asal-asalan tanpa makna. Tapi diciptakan untuk sebuah tujuan khusus (bdg. I Sam. 16:7). Tiap kita harus menyadari bahwa kita bukan produk gagal dari Tuhan. Tapi kita adalah hasil karya sempurna dan berharga. Berhentilah dari kebiasaan membandingkan diri dengan orang lain. Terimalah keberadaaan diri dengan ucapan syukur. Hari ini seperti apapun keadaan Anda, mari temukan segala potensi dan kelebihan yang tersimpan dalam diri Anda. Gunakanlah dengan maksimal untuk menggenapi rencana Tuhan di dalam dunia.

Refleksi Diri
1. Bagaimana Tuhan memandang diri Anda?
2. Pernahkah Anda merasa ada yang kurang dengan diri Anda?

Pokok Doa
Tuhan ampuni aku yang tidak mensyukuri hidupku yang telah Engkau bentuk dengan tangan Kasih-Mu.

Kata - Kata Bijak
Maha karya terbaik ciptaan Tuhan semesta alam adalah manusia itu sendiri.

Yang Harus Dilakukan
Sadarilah bahwa Anda adalah ciptaan Tuhan yang sempurna dan berharga.

No comments: