Sunday, October 23, 2016

MENGATASI PERASAAN KECEWA

Minggu, 23 Oktober 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Amsal 18:1-24

Bacaan Alkitab satu tahun
1 Korintus 1; 2 Samuel 16-18

Ayat Hafalan
Amsal 18:19, Saudara yang dikhianati lebih sulit dihampiri dari pada kota yang kuat, dan pertengkaran adalah seperti palang gapura sebuah puri.

Renungan Inspirasi
Setiap manusia pasti pernah mengalami kekecewaan dalam hidup. Tapi apa jadinya apabila orang terjebak dengan rasa kecewa yang mendalam? Ternyata seseorang bisa melakukan hal diluar kebiasaan manusia normal lainnya. Salah satu contohnya adalah seorang wanita di Inggris, yang bernama Amanda Rodgers, 47 tahun. Dia diketahui telah mengadakan pernikahan dengan seekor anjingnya, yang bernama Sheba, 4 tahun, jenis Jack Russel. Pesta pernikahan aneh tersebut diadakan di Kroasia tahun 2014 dihadiri 200 undangan. Dalam sebuah wawancara Amanda mengungkapkan, “Saya takut mengalami kekecewaan dengan pria lagi, sedangkan Sheba bertahun- tahun ada dalam kehidupan, dan ia membuat saya tersenyum dan memberi kenyamanan saat saya sedang lelah” ujarnya. Amanda sebelumnya, sudah tiga kali menikah. Pernikahannya dengan seorang pria 20 tahun lalu, tapi pernikahan tersebut hanya bertahan selama beberapa bulan saja.

Amsal Salomo pernah menuliskan betapa buruknya keadaan seseorang apabila orang mengalami perasaan kecewa. Dia membandingkan, “Kota yang kuat masih lebih mudah ditaklukkan dibanding dengan orang yang telah mengalami perasaan kecewa” (ay. 19). Memang tidak mudah untuk membuang perasaan kecewa dan sakit hati, terlebih yang melakukannya adalah orang terdekat. Tapi Firman Tuhan menjanjikan sebuah pemulihan bagi mereka yang senantiasa menyerahkan semua kekecewaannya kepada-Nya (ay. 10). Yakinlah Tuhan pasti telah menyediakan sesuatu yang baik dibalik peristiwa yang terjadi. Mari datang kepada Tuhan, percaya Ia mampu mengubah kekecewaan Anda menjadi kebahagiaan. Saat ini apakah Anda sedang mengalami kekecewaan yang mendalam?

Refleksi Diri
1. Seperti apa keadaan orang yang terus menyimpan perasaan kecewanya?
2. Bagaimana cara Anda keluar dari perasaan kecewa yang mendalam (ay. 10)?

Pokok Doa
Tuhan Yesus, aku percaya bahwa Engkau memiliki rencana yang indah dibalik semua kejadian yang aku alami. Pulihkan dan berikan kekuatan baru dalam hidupku.

Kata - Kata Bijak
Damai sejahtera dari Tuhan selalu tersedia bagi mereka yang datang kepada-Nya.

Yang Harus Dilakukan
Berdoa mintalah ketenangan serta kekuatan baru dari Tuhan Yesus Kristus.

No comments: