Monday, October 24, 2016

MENGEMBANGKAN POTENSI DIRI

Senin, 24 Oktober 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Matius 25:14-30

Bacaan Alkitab satu tahun
1 Korintus 2; 2 Samuel 19-20

Ayat Hafalan
Matius 25:23, Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia, engkau telah setia memikul tanggung jawab dalam perkara  yang kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.

Renungan Inspirasi
Untuk menjadi pribadi yang berdampak bagi banyak orang, tentu bukanlah hal yang terjadi secara instan. Tetapi membutuhkan usaha serta kerja keras yang luar biasa. Salah satunya mengembangkan potensi secara maksimal. Ada salah satu tokoh dunia yang telah berdampak dengan luar biasa karena memaksimalkan potensinya yaitu Soichiro Honda. Dia adalah anak sulung dari 9 bersaudara anak seorang pandai besi di Tenryu, Jepang. Sejak kecil Honda memiliki bakat dalam sains tentang mesin dan ia pun mengembangkan segala potensinya. Di usia 12 tahun, ia berhasil menciptakan sepeda model rem kaki. Pada umur 30 tahun potensi tersebut berbuah penemuan velg dengan jari-jari logam. Hingga pada tahun 1938 membangun usaha pembuatan ring piston. Pelopor sepeda bermesin cikal bakal sepeda motor tahun 1948 dan memulai produksi sepeda motor Honda Corp. Sampai hari ini perusahaan sepeda motor tersebut adalah produk terlaris di dunia.

Dalam Alkitab Yesus pernah memberikan sebuah perumpamaan mengenai talenta. Pemberian talenta memiliki pengertian sebagai bentuk kepercayaan potensi yang diberikan oleh Tuhan. Dalam perumpamaan talenta, kita melihat dengan jelas bahwa ada yang mengembangkannya dan ada pula yang tidak mengembangkannya (ay. 16-18). Setiap kita telah diberikan potensi dalam diri. Hanya tergantung kita mau mengembangkannya atau tidak. Kegagalan mengembangkan potensi menimbulkan masalah dalam kehidupan. Seperti kesusahan ekonomi, tidak dapat pekerjaan, pertengkaran di dalam keluarga dan masalah lainnya. Temukan potensi yang Tuhan berikan dan maksimalkan, agar kita dapat menjadi pribadi yang berdampak bagi dunia. Hari ini sudahkah Anda mengembangkan potensi diri?

Refleksi Diri
1. Apa yang Tuhan Yesus harapkan dari perumpamaan mengenai talenta?
2. Hal apa saja yang dibutuhkan saat Anda mulai mengembangkan potensi diri?

Pokok Doa
Tuhan tuntunlah langkahku saat aku mengembangkan potensi yang telah Engkau berikan.

Kata - Kata Bijak
Potensi itu ibarat otot yang jika tidak dilatih dan dikembangkan akan kendor.

Yang Harus Dilakukan
Temukanlah potensi Anda dan mulailah saat ini untuk mengembangkannya.

No comments: