Monday, October 31, 2016

MENJADI PRIBADI YANG JUJUR

Senin, 31 Oktober 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Amsal 21:1-8

Bacaan Alkitab satu tahun
1 Korintus 8; 1 Raja-Raja 10-11

Ayat Hafalan
Amsal 21:6,Memperoleh harta benda dengan lidah dusta adalah kesia-siaan yang lenyap dari orang yang mencari maut.

Renungan Inspirasi
Sosok manusia jujur telah menjadi makhluk langka di bumi ini. Kita lebih mudah mencari orang-orang pintar daripada orang-orang jujur. Salah satu manusia langka tersebut adalah seorang pria pensiunan pemerintah yang berasal dari kota Braunschweig, Jerman.

Kejadian tersebut bermula saat pria tersebut pergi berbelanja untuk memenuhi beberapa kebutuhan ke sebuah pasar. Saat ia membeli daging seharga Rp. 69.000,00, namun tanpa disadari kantong yang dibawanya pulang berubah menjadi uang sebanyak Rp 24.700.000,00. Rupanya secara tak sengaja pegawai toko memberinya bungkusan yang salah. Ketika pria itu sadar terjadinya kekeliruan, dengan segera ia menelepon polisi dan mengembalikan uang itu. Sebagai imbalan atas kejujurannya, ia mendapatkan hadiah sekeranjang sosis dan uang Rp 1.200.000,00. Sebuah pelajaran berharga yang dapat kita teladani dari pria tersebut yaitu, nilai dari sebuah kejujuran harganya jauh lebih mahal dibandingkan uang banyak yang bukan miliknya.

Dalam Alkitab begitu banyak nasihat agar tiap orang dapat berlaku jujur dalam hidupnya. Salah satunya nasihat hikmat dari  Raja Salomo “Kekayaan yang diperoleh dengan tidak jujur cepat hilang....” (BIS. ay. 6). Artinya kekayaan dengan cara tidak jujur pasti tidak akan bertahan lama sama seperti kabut hanya sebentar saja. Bagi kita orang percaya, alasan untuk berlaku jujur bukan saja karena adanya hukum dunia yang membatasi. Tapi kita melakukannya karena mengasihi Tuhan. Percayalah kepada nasihat Firman Tuhan maka berkat-berkat Tuhan akan tetap tinggal bagi orang yang jujur. Pertanyaannya, maukah berkat-berkat Tuhan tetap tinggal bagi Anda?

Refleksi Diri
1. Apa isi hikmat Amsal Salomo mengenai orang yang tidak jujur?
2. Apa alasan dari orang percaya melakukan sikap jujur?

Pokok Doa
Tuhan aku berdoa biarlah Firman-Mu senantiasa berjaga di jalan hidupku agar aku senantiasa hidup jujur di manapun aku berada.

Kata - Kata Bijak
Berkat Tuhan akan senantiasa tinggal selamanya di dalam rumah orang yang jujur.

Yang Harus Dilakukan
Mulailah dengan membiasakan untuk hidup jujur dari perkara-perkara kecil.

No comments: