Wednesday, October 26, 2016

MENJADI TELADAN LEWAT TINDAKAN

Rabu, 26 Oktober 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Yohanes 13:1-20

Bacaan Alkitab satu tahun
1 Korintus 4; 2 Samuel 23-24

Ayat Hafalan
Yohanes 13:15, "Sebab Aku telah memberikan teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu"

Renungan Inspirasi
Presiden yang satu ini adalah presiden yang mendapat gelar pemimpin paling sederhana di dunia. Fernando Lugo, ia adalah presiden dari negara Paraguay. Lugo juga adalah pastor yang dikenal sosok yang membela kaum tertindas. Saat dilantik menjadi presiden tahun 2008, Lugo langsung menyatakan tidak akan menerima gajinya sebagai presiden sebesar 4000 USD per bulan. “Saya tidak membutuhkan gaji itu, yang sebetulnya hak kaum miskin,” katanya. Selama menjadi Presiden, Lugo memilih tetap tinggal di rumahnya yang sederhana. Ia juga selalu berpakaian sangat sederhana: kemeja panjang atau lengan pendek. Makanan harian Lugo berupa singkong rebus, nasi putih, daun kol cacah (salad), dan ikan. Jenis makanan sehari-hari rakyat biasa di Paraguay. Tidak ada yang istimewa. Sampai hari ini, pesan kehidupan dari Fernando Lugo selalu menjadi inspirasi bagi semua orang di dunia.

Rasul Yohanes pernah mengatakan bahwa Yesus Kristus adalah Pribadi yang memberi teladan bagi para murid. Salah satu buktinya, pada saat Tuhan Yesus membasuh kaki para murid (ay. 13). Tindakan pembasuhan kaki tersebut berbicara keras kepada para murid untuk belajar melayani bukan untuk dilayani. Sebagai orang percaya, di sekeliling kita orang-orang bukan hanya membutuhkan nasihat serta kata-kata hikmat yang indah. Tapi mereka lebih melihat tindakan yang kita lakukan. Peran apapun yang kita ambil di dunia ini, baik sebagai ayah, ibu, anak, pemimpin, pegawai, pengusaha atau seniman atau apapun itu, berusahalah untuk menjadi teladan. Ada satu ungkapan yang berkata, “Actions speak louder than words” atau tindakan berbicara lebih nyaring daripada kata-kata. Jadilah teladan dalam seluruh tindakan kita.

Refleksi Diri
1. Apa arti dari tindakan Yesus membasuh kaki para murid (ay. 15)?
2. Kapan terakhir kali Anda menjadi teladan bagi orang lain?

Pokok Doa
Tuhan Yesus ajar aku untuk belajar menjadi pribadi yang memberi teladan melalui tindakan, agar senantiasa menjadi berkat bagi orang lain.

Kata - Kata Bijak
Satu perbuatan jauh lebih berharga daripada seribu kata-kata.

Yang Harus Dilakukan
Belajarlah untuk lebih banyak memberikan tindakan nyata daripada sekedar kata-kata.

No comments: