Sunday, October 16, 2016

ORANG MUDA YANG BERDAMPAK

Minggu, 16 Oktober 2016

Bacaan Alkitab hari ini
I Timotius 4:1-16

Bacaan Alkitab satu tahun
Roma 11:25-36; 1 Samuel 30-31

Ayat Hafalan
1 Timotius 4:12, Jangan seorang pun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kemurnianmu.

Renungan Inspirasi
Banyak orang menilai kemampuan seseorang berdasarkan usia. Orang yang masih muda cenderung dianggap belum dapat diandalkan. Tetapi mitos itu tidak berlaku bagi anak bangsa bernama lengkap Cendikiawan Suryaatmadja, bocah jenius berusia 12 tahun asal Indonesia. Di usianya yang baru 12 tahun ia telah diterima di University of Waterloo, Ontario, Kanada. Bahkan ia adalah mahasiswa termuda yang pernah mendaftar di University of Waterloo. Demikian keterangan seorang staf penerimaan Universitas top di Kanada itu. Pihak staf penerimaan mahasiswa di University of Waterloo mengatakan kepada media Kanada bahwa umur bukan faktor dalam keputusan mereka untuk menerima Diki. Menurut mereka, Diki memiliki salah satu catatan akademik terbaik dari siapa pun yang pernah diterima di kampus tersebut. Prestasi anak bangsa di kancah dunia ini sebagai bukti bahwa orang muda pun dapat menjadi teladan bagi banyak orang.

Rasul Paulus suatu saat pernah menasihatkan kepada anak muda yang bernama Timotius. Dia menasihatkan agar Timotius dapat menjadi teladan bagi orang lain. Dalam hal perkataan, dalam tingkah laku, dalam kasih, dalam kesetiaan dan dalam kemurnian (ay. 12). Dengan belajar melakukan semua hal ini, maka Timotius akan menjadi buah kesaksian bagi orang lain. Melihat keadaan generasi muda saat ini sungguh memprihatinkan. Pergaulan yang buruk masuk hingga menggeser nilai hidup kekristenan. Saatnya anak muda Kristen bangkit dan berdampak bagi dunia. Mari kembangkan potensi yang Tuhan telah berikan. Berprestasi dan inovatif dalam berkarya tapi sekaligus tetap menjadi teladan dalam iman. Hari ini orang muda Kristen, apakah Anda telah berdampak bagi sekitar Anda?

Refleksi Diri
1. Apa saja isi nasihat Paulus kepada Timotius agar menjadi teladan bagi orang lain?
2. Bagaimana caranya agar generasi muda dapat berdampak di tengah dunia?

Pokok Doa
Tuhan Yesus pimpinlah langkah hidup generasi muda agar senantiasa menjadi pribadi yang berdampak di tengah dunia.

Kata - Kata Bijak
Anak muda di tangan Tuhan bagai panah di tangan seorang pahlawan.

Yang Harus Dilakukan
Mulailah dengan berjalan dalam nasihat Firman Tuhan setiap hari.

No comments: