Saturday, October 15, 2016

PEDULI DENGAN LINGKUNGAN SEKITAR

Sabtu, 15 Oktober 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Kejadian 1:1-28

Bacaan Alkitab satu tahun
Roma 11:1-24; 1 Samuel 27-29

Ayat Hafalan
Kejadian 1:26, Berfirmanlah Allah: "Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”

Renungan Inspirasi
Tiap tanggal 22 April seluruh dunia memperingati Hari Bumi. Bagi Indonesia yang kaya akan sumber daya alam, seharusnya hari ini diperingati dengan sukacita. Namun, dengan kerusakan alam yang terjadi, Indonesia justru harus menangis. Beberapa fakta lingkungan yang terjadi di Indonesia, menurut data Global Forest watch dan Forest Watch Indonesia mengungkap bahwa sepanjang tahun 2009 hingga 2013, Indonesia kehilangan hutan seluas 4,6 juta hektar. Itu berarti, setiap menit, Indonesia kehilangan 1750.4 hektar hutan. Belum lagi dengan limbah merkuri, sampah perkotaan dan limbah plastik juga menjadi masalah. Sampah plastik di Indonesia begitu banyak. Kini Indonesia tercatat sebagai negara penyetor sampah plastik ke lautan kedua terbesar di dunia. Daftar panjang kerusakan alam di Indonesia dapat terus terjadi apabila setiap warga tidak mau peduli dengan lingkungan sekitar.

Dalam Alkitab dengan jelas Tuhan memberi kuasa kepada manusia untuk mengatur, mengelola dan memelihara seluruh ciptaan yang ada. Kekuasaan yang diberikan bukanlah untuk merusaknya, tapi kekuasaan untuk melestarikan lingkungan (ay. 26b). Sebagai orang percaya, terkadang kita kurang menaruh perhatian serius dalam hal menjaga kelestarian lingkungan. Kita hanya memperhatikan ”mandat penginjilan” tapi melupakan “mandat budaya”. Padahal sikap peduli dengan lingkungan adalah bagian dari perintah Tuhan. Mari bertanggung jawab dengan apa yang telah dipercayakan Tuhan kepada kita. Kita dapat memulainya dengan membiasakan membuang sampah pada tempat yang seharusnya, ikut terlibat dalam kegiatan menanam pohon dan hal-hal positif lainnya yang berdampak bagi lingkungan. Pertanyaan hari ini, kapan terakhir kali Anda peduli dengan lingkungan?

Refleksi Diri
1. Apa isi dari “mandat budaya” yang diperintahkan Tuhan (ay. 26b, 2:15)?
2. Mengapa Tuhan memerintahkan Anda untuk peduli dengan lingkungan?

Pokok Doa
Tuhan ampuni aku yang kadang lalai dalam memperhatikan lingkungan sekitarku.

Kata - Kata Bijak
Turut menjaga lingkungan sekitar adalah salah satu ciri dari pribadi yang berdampak.

Yang Harus Dilakukan
Ambilah tindakan nyata untuk menjaga lingkungan di sekitar Anda.

No comments: