Sunday, October 02, 2016

PENTINGNYA MENJADI PELAKU FIRMAN

Minggu, 2 Oktober 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Matius 7:24-27

Bacaan Alkitab satu tahun
Kisah Para Rasul 28; Hakim-Hakim 16-18

Ayat Hafalan
Matius 7:24,Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu.

Renungan Inspirasi
Pada tanggal 19 April 2001, Bandara Kansai adalah salah satu dari sepuluh struktur yang diberikan penghargaan “Rekayasa Sipil Monumen Milenium” yang diberikan oleh America Society of Civil Engineers. Pembangunan bandara tersebut menghabiskan total biaya hampir 20 miliar dolar di atas pulau buatan. Mereka pun memasang tongkat hidrolik sebagai penyangganya. Ketika parah ahli desain bangunan begitu yakin bahwa semua berjalan dengan baik. Kenyataannya selama 6 tahun pertama, beberapa bagian penting lapangan udara itu mengalami kemiringan sehingga diperkirakan bandara tersebut akan segera tenggelam dalam waktu 50 tahun mulai dari awal tahun pembuatannya.

Yesus pernah menggunakan sebuah metafora untuk menggambarkan iman orang percaya. Pertama, sebuah rumah yang didirikan di atas dasar pasir dan kedua, rumah yang dibangun di atas batu (ay. 24-27). Ia melanjutkan, bahwa kedua rumah tersebut sama-sama berhasil dibangun. Tapi saat kedua rumah tersebut menerima cuaca ekstrim maka hanya rumah yang didirikan di atas batu yang tetap kokoh. Demikian pun orang percaya, kita semua sedang membangun rumah rohani masing-masing. Ketahanan rumah rohani kita sangat ditentukan apakah kita mau belajar menjadi pelaku Firman atau sebaliknya. Mari jadilah pribadi yang bijak, segeralah mulai belajar melakukan Firman. Dampaknya mungkin belum langsung bisa kita lihat, tapi satu saat kita akan sadar pentingnya melakukan setiap perkataan Tuhan. Hari ini ijinkan Tuhan bertanya di dalam hati,  dasar apa yang sedang Anda gunakan untuk membangun rumah rohani Anda?

Refleksi Diri
1. Hal apa yang paling menentukan dari sebuah rumah rohani (ay. 24)?
2. Bagaimana seharusnya cara membangun rumah rohani Anda?

Pokok Doa
Tuhan terima kasih telah memberitahukan sebuah kunci utama dalam membangun rumah rohaniku yaitu, aku harus belajar menerapkan setiap perkataan-Mu dalam kehidupan.

Kata - Kata Bijak
Kekuatan dari sebuah rumah rohani terletak dari jenis fondasi apa yang Anda letakkan.

Yang Harus Dilakukan
Cobalah melakukan satu kebenaran tiap hari dan ulangi hingga Anda biasa melakukannya.

No comments: