Thursday, October 20, 2016

SENANTIASA MENGANDALKAN TUHAN

Kamis, 20 Oktober 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Mazmur 56:1-14

Bacaan Alkitab satu tahun
Roma 15:1-13; 2 Samuel 9-11

Ayat Hafalan
Mazmur 56:14, Sebab Engkau telah meluputkan aku dari pada maut, bahkan menjaga kakiku, sehingga tidak tersandung; maka aku boleh berjalan di hadapan Allah dalam cahaya kehidupan.

Renungan Inspirasi
Tanggal 11 September 2001, Stanley Praimnath yang bekerja di lantai ke-81 dari Gedung Selatan World Trade Center, New York, tiba-tiba melihat sebuah pesawat sedang terbang ke arahnya. Stanley segera mengucapkan doa singkat sambil berlindung di bawah meja: “Tuhan, tolong aku! Kuserahkan hidupku kepada-Mu!” Dampak mengerikan dari tabrakan pesawat dengan gedung itu membuat Stanley terjebak di balik reruntuhan. Namun saat ia berdoa dan berteriak minta tolong, seorang karyawan dari kantor lain bernama Brian Clark mendengar teriakannya dan berusaha menanggapi. Setelah mencari jalan di antara puing reruntuhan dan melewati kegelapan, keduanya berhasil menuruni tangga setinggi 80 lantai hingga tiba di lantai dasar dan keluar dari gedung itu. Apa yang dilakukan Stanley tentu kita berpikir adalah hal yang biasa karena sudah sepantasnya harus berdoa. Tapi akan berbeda apabila kita yang berada di posisi terjepit saat itu. Mungkin hanya reaksi panik yang menutupi pikiran kita.

Raja Daud pernah menceritakan keadaannya yang begitu terjepit ketika orang Filistin menangkap dia di Gat. Daud mencurahkan hatinya kepada Tuhan. Begitu beratnya pergumulannya, hingga ia mengatakan Tuhanlah yang menghitung tiap air mata yang dicurahkannya tiap hari (ay. 8). Dan Tuhan pun akhirnya menyelamatkannya (ay. 13). Meskipun sebagai orang percaya, terkadang kita bisa saja berada di situasi yang terjepit. Masalah demi masalah tiba-tiba hadir secara beruntun, hingga kita tidak tahu harus berbuat apa. Hal-hal yang biasa kita andalkan tiba-tiba tidak dapat menolong kita. Maka hal inilah yang harus kita ingat, yaitu berserulah kepada Tuhan Ia pasti menyelamatkan hidup kita.

Refleksi Diri
1. Apa yang dilakukan oleh Raja Daud saat berada di dalam pergumulan berat?
2. Hal apa yang Tuhan ajarkan kepada Anda saat mengalami situasi yang terjepit?

Pokok Doa
Tuhan Yesus, terima kasih telah mengingatkan aku untuk senantiasa mengandalkan Engkau di sepanjang hidupku.

Kata - Kata Bijak
Ketika segala sesuatu tidak dapat diandalkan maka Tuhan adalah pribadi paling bisa diandalkan.

Yang Harus Dilakukan
Belajarlah untuk selalu melibatkan Tuhan dalam segala hal yang kita lakukan.

No comments: