Thursday, October 06, 2016

TETAPLAH BERJUANG DALAM IMAN

Kamis, 6 Oktober 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Ibrani 12:1-11

Bacaan Alkitab satu tahun
Roma 4; 1 Samuel 4-6

Ayat Hafalan
Ibrani 12:1, Karena kita mempunyai banyak saksi, bagaikan awan yang mengelilingi kita, marilah kita menanggalkan semua beban dan dosa yang begitu merintangi kita, dan berlomba dengan tekun dalam perlombaan yang diwajibkan bagi kita.

Renungan Inspirasi
Sejarah mencatat bahwa pada tanggal 4 Juli 1952, seorang yang bernama Florence Chadwick adalah manusia pertama yang berhasil berenang menyeberangi selat Catalina. Perjuangan Florence tentu bukanlah hal yang mudah. Hal itu terbukti dia pernah gagal saat mencoba berenang untuk pertama kalinya menuju Catalina. Tantangan cuaca ektrim dan dinginnya air yang menusuk tulang-tulangnya membuat dia harus diangkat dari dalam Laut oleh panitia perlombaan. Sesaat setelah perlombaan ketika Florence diwawancara, dia berkata, “Saya tidak mencari alasan. Kalau saja saya telah melihat pantai itu, saya bisa melakukannya.” Dua bulan kemudian, ia kembali dan akhirnya menaklukkan tantangan tersebut. Dengan tekadnya ia berhasil berenang ke Selat Catalina sekaligus mengalahkan rekor dunia sebelumnya.

Rasul Paulus pernah melukiskan bahwa kehidupan orang percaya seperti berada di dalam sebuah perlombaan iman. Tiap orang percaya dituntut harus menyelesaikan pertandingannya. Dalam lanjutan nasihatnya, ia mengungkapkan kunci sukses agar berhasil hingga akhir pertandingan yaitu, berlatih setiap saat untuk menanggalkan tiap beban dan dosa sambil tetap fokus kepada Tuhan Yesus Kristus (ay. 1). Nasihat Paulus sangat berguna bagi kita saat ini, karena seringkali hal-hal demikian yang pada akhirnya membuat kita menyerah saat mengiring Tuhan. Akan tetapi hari ini, kita diingatkan agar tetap berjuang dan tidak menyerah sesulit apapun rintangan. Percayalah bahwa ketika Tuhan sendiri yang telah memilih kita, tentu Ia juga yang akan memampukan kita menyelesaikan pertandingan iman, yang akhirnya mahkota kehidupan menjadi bagian kita.

Refleksi Diri
1. Hal-hal apa yang membuat orang percaya tetap tekun dalam imannya (ay. 1-6)?
2. Apa yang Tuhan janjikan kepada Anda saat berada di dalam perlombaan iman?

Pokok Doa
Tuhan terima kasih telah mengingatkanku, bahwa Engkau sendiri yang akan menyertaiku dalam perlombaan iman.

Kata - Kata Bijak
Karena kasih-Nya Dia sendiri yang akan memampukan Anda dalam perlombaan iman.

Yang Harus Dilakukan
Belajarlah untuk tidak gampang menyerah saat Anda berlomba dalam iman.

No comments: