Tuesday, November 29, 2016

BERHATI-HATILAH DENGAN PIKIRAN ANDA

Selasa, 29 November 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Roma 12:1-8

Bacaan Alkitab satu tahun
Markus 2; 2 Tawarikh 10-12

Ayat Hafalan
Roma 12:2, Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Renungan Inspirasi
Sebuah kisah mengejutkan masyarakat, ketika diberitakan di televisi tentang dua orang gadis kecil berusia 12 tahun melakukan pembunuhan terhadap teman sekelasnya dengan 19 tikaman. Kedua gadis kecil ini banyak menghabiskan waktunya dengan internet, terutama untuk menyaksikan kisah horor, serta gambar-gambar yang diperankan monster fiktif bernama "Slenderman". Mereka mencoba membuat tokoh Slenderman terkesan sehingga mau menampakkan dirinya, dengan cara melakukan "permainan" pembunuhan ini. Kedua gadis cilik ini ditangkap dengan tuduhan pembunuhan tingkat pertama dengan hukuman penjara selama 62 tahun. Melalui kisah ini, kita harus menyadari satu hal yang sangat penting tentang adanya potensi ledakan besar yang tersembunyi dibalik pemikiran seseorang. Karena apa yang sedang dibangun di dalam pikiran satu saat akan terekspresi di dalam kehidupan sehari-hari.

Rasul Paulus sendiri pernah menuliskan kepada jemaat di Roma, bila ingin memiliki kehidupan yang baru maka hal pertama yang perlu dilakukan adalah perubahan pola pikir (ay. 12). Tentu yang dimaksud adalah pembaharuan budi, dari pola hidup dunia berubah menjadi pola pikir kerajaan Allah. Banyak sekali orang percaya yang sulit mengalami perubahan di dalam hidupnya karena masih menggunakan pola pikir yang lama. Sehingga kesulitan untuk keluar dari tabiat yang lama. Itu sebabnya, mari mulai mengisi pikiran kita dengan kebenaran Firman Tuhan tiap hari. Hingga kehidupan kita semakin memancarkan karakter Kristus. Pertanyaannya, kapan terakhir Anda mengisi pikiran dengan Firman Tuhan?

Refleksi Diri
1. Mengapa kita perlu mengisi pikiran kita senantiasa dengan Firman Tuhan?
2. Perubahan apa yang terjadi dalam hidup Anda setelah merenungkan Firman Tuhan?

Pokok Doa
Tuhan aku berdoa biarlah tiap Firman-Mu dapat menjadi rhema di dalam hidupku, sehingga aku mengalami perubahan nyata di dalam kehidupan.

Kata - Kata Bijak
Tindakan Anda adalah hasil kelola dari  bangunan pikiran Anda sehari-hari.

Yang Harus Dilakukan
Belajarlah dengan rutin membaca dan merenungkan Firman Tuhan tiap hari.

No comments: