Sunday, November 27, 2016

GUNAKANLAH KACAMATA IMAN

Minggu, 27 November 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Ibrani 11:1-40

Bacaan Alkitab satu tahun
Markus 1:1-20; 2 Tawarikh 4-6

Ayat Hafalan
Ibrani 11:1, Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.

Renungan Inspirasi
Pada tahun 2016, Google kembali meluncurkan sebuah perangkat canggih bernama Google Glass. Kacamata modern dan canggih dari Google ini memiliki fungsi membebaskan data komputer desktop dan perangkat lain seperti ponsel dan tablet dengan menempatkannya pada mata Anda. Review Google Glass kini menjadi satu trending topic di kalangan pecinta gadget. Pada dasarnya, Google Glass ini merupakan satu kacamata dimana sudah dibekali beberapa fitur diantaranya layar, kamera, baterai, touchpad, dan microphone. Bisa dibayangkan sebuah kacamata mampu melakukan beberapa kegiatan seperti memotret, merekam video, hingga mencari materi Google. Penemuan ini tentu sungguh sangat membantu kehidupan manusia. Tapi secanggihnya kacamata ini, tetap tidak mampu melihat keadaan yang akan terjadi di masa yang akan datang.

Tidak satupun kacamata yang bisa membuat kita sanggup melihat masa depan. Tapi Alkitab berkata ada satu kacamata yang memungkinkan kita untuk melihat sesuatu di depan sana, kacamata tersebut adalah “kacamata iman”. Pengertian iman disini adalah percaya kepada seluruh petunjuk kehendak Tuhan. Seringkali orang merasa bimbang saat Tuhan menuntunnya kepada sesuatu hal yang mustahil. Padahal Tuhan mengetahui apa yang akan terjadi di depan. Contoh lain, saat kita menghadapi pergumulan hidup, kadang kita merasa putus asa dan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Saat itulah kita harus menggunakan kacamata iman, percaya bahwa Tuhan ada dan Ia mempersiapkan sesuatu yang terbaik bagi kita. Lihatlah banyak sekali keuntungan dari orang yang beriman. Pertanyaannya, masihkah Anda ragu menjalani kehidupan sebagai orang beriman?

Refleksi Diri
1. Menurut Anda apa pengertian dari “kacamata iman”?
2. Keuntungan apa saja yang didapatkan saat menjadi orang beriman?

Pokok Doa
Tuhan, aku berdoa agar Engkau senantiasa menyempurnakan imanku agar aku dapat menjalani kehidupan ini tanpa keraguan.

Kata - Kata Bijak
Iman yang sejati adalah iman yang menuruti apapun kehendak Tuhan.

Yang Harus Dilakukan
Belajarlah tetap percaya kepada Tuhan meski itu di luar batas kemampuan Anda.

No comments: