Tuesday, November 15, 2016

IMAN YANG BEKERJASAMA DENGAN PERBUATAN

Selasa, 15 November 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Yakobus 2:14-26

Bacaan Alkitab satu tahun
2 Korintus 3; 2 Raja-raja 24-25

Ayat Hafalan
Yakobus 2:17, Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati.

Renungan Inspirasi
Banyak orang Kristen yang masih bingung dalam memahami masalah iman. Ilustrasi kali ini akan membantu kita memahami antara iman dan perbuatan. Suatu saat seorang pria sedang mendayung perahu ditemani oleh seorang anak. Anak itu melihat ada tulisan pada dayung yang dipakai, di satu dayung terukir tulisan "Iman" dan dayung lainnya tertulis "Perbuatan". Anak itu pun bertanya maksud dari tulisan itu. "Dayung ini harus digunakan bersama-sama, jika satu dayung saja yang digunakan maka perahu hanya berputar-putar dan tidak akan pernah sampai ke tempat tujuan. Namun jika kedua dayung digunakan bersama, maka perahu itu dapat berjalan dengan cepat", jelas pria tersebut. Iman dan perbuatan harus bekerja bersama. Banyak orang menyatakan betapa berimannya mereka, tetapi apakah mereka telah membuktikannya dalam perbuatan mereka? Sebaliknya, ada banyak orang juga yang hebat dalam perbuatan, sayangnya mereka tidak mengarahkan iman mereka kepada Yesus Kristus.

Yakobus pernah menuliskan sebuah kebenaran yang sama, yaitu orang yang beriman harus menujukkan perbuatan yang sesuai Firman Tuhan (ay. 17). Kita tidak bisa mengatakan kita orang beriman, tapi di sisi lain perbuatan kita tidak seperti orang yang tidak beriman. Di antara kita mungkin pernah mengalami keadaan dimana kita mendapat koreksi positif dari orang terdekat kita. “Kamu anak Tuhan seharusnya perilakunya tidaklah demikian”. Hal ini tidaklah mengherankan karena kita dituntut berjalan seirama antara status orang beriman dan perbuatan. Itu sebabnya mintalah kekuatan dari Roh Kudus agar mampu menjadi pelaku Firman. Pertanyaannya, sudahkah Anda menjadi pelaku Firman Tuhan?

Refleksi Diri
1. Apa yang dimaksud dengan “iman yang disertai dengan perbuatan”?
2. Apa yang dituntut Tuhan kepada Anda sebagai orang percaya?

Pokok Doa
Roh Kudus mampukanlah kehidupanku untuk senantiasa belajar melakukan kehendak Tuhan di dalam kehidupanku tiap hari.

Kata - Kata Bijak
Kita disebut sebagai orang Kristen karena dikenal dari perbuatannya bukan dari

Yang Harus Dilakukan
Berlatihlah tiap saat untuk menghidupi tiap kebenaran Firman di dalam hidup Anda.

No comments: