Sunday, November 06, 2016

JANGAN LUPA MENGASIHI ORANG TUA ANDA

Minggu, 6 November 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Efesus 6:1-4

Bacaan Alkitab satu tahun
1 Korintus 12; 2 Raja-raja 1-3

Ayat Hafalan
Efesus 6:2-3,Hormatilah ayahmu dan ibumu--ini adalah suatu perintah yang penting, seperti yang nyata dari janji ini: supaya kamu berbahagia dan panjang umurmu di bumi.

Renungan Inspirasi
Suatu kali, seseorang membagikan sebuah kalimat bijak dari sebuah sticker di sisi belakang mobil, yang kebetulan berada di parkiran sebuah kantor. Kalimat itu berbunyi, "We are busy to grow up. We sometimes forget our parents grow old as well." Yang berarti “kita sibuk untuk bertumbuh tapi kita kadang lupa orang tua kita juga bertumbuh semakin tua”. Apabila sejenak kita pikirkan ada benarnya juga kalimat bijak ini. Karena saat kita sedang sibuk mengejar karir, kenaikan jabatan, menambah gelar, mengejar target dan lainnya; di saat yang sama, tanpa kita sadari orang tua kita juga semakin tua. Pada saat kita berhasil dengan impian dan cita-cita kita, bisa saja orang tua mungkin sudah terbaring lemah tanpa daya. Hingga akhirnya kita kehilangan waktu yang seharusnya digunakan untuk mengasihi orang tua kita.

Dalam Alkitab Rasul Paulus pernah menasihatkan hal serupa, kepada para anak untuk mengasihi, menghormati, berbakti dan tidak menelantarkan orang tua (bdg. 1 Tim. 5:4). Menghormati orang tua adalah perintah Tuhan yang harus kita taati. Bila anak mengasihi orang tuanya, maka Tuhan berjanji akan memberkati dengan kebahagiaan dan umur panjang selama di bumi ini (ay. 3). Tapi realita yang terjadi saat ini justru sebaliknya. Bahkan ada yang sengaja tidak mau lagi berkomunikasi dengan orang tuanya karena masih menyimpan rasa sakit hatinya. Hari ini ijinkan Tuhan memulihkan keluarga kita masing-masing. Mari kita lakukan dengan mulai mendoakan dan membangun komunikasi yang rutin dengan orang tua. Bagi kita yang merasa memiliki berkat lebih, ajaklah mereka untuk liburan bersama. Percayalah saat kita menunjukkan kasih kepada orang tua bukan saja mereka merasa bangga terhadap anak-anaknya, tapi Tuhan pun akan berkenan dan menghargai tinggi sikap yang kita lakukan.

Refleksi Diri
1. Apa janji Firman Tuhan saat Anda (anak) menghormati dan mengasihi orang tua?
2. Berikan contoh  tindakan-tindakan yang mengasihi orang tua?

Pokok Doa
Tuhan aku berdoa saat ini agar aku tidak pernah melupakan segala pengorbanan orang tuaku selama aku hidup.

Kata - Kata Bijak
Tuhan berkenan kepada anak-anak yang tidak pernah melupakan orang tuanya.

Yang Harus Dilakukan
Bertemulah dan ungkapkan kasih  yang tulus kepada orang tua Anda.

No comments: