Monday, November 28, 2016

KASIHILAH SENANTIASA ISTERI ANDA

Senin, 28 November 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Efesus 5:22-32

Bacaan Alkitab satu tahun
Markus 1:21-45; 2 Tawarikh 7-9

Ayat Hafalan
Efesus 5:25, Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya.

Renungan Inspirasi
Sosok suami yang mencintai istrinya dengan tulus hingga akhir hidupnya, pasti menjadi impian dari semua wanita di dunia ini. Salah satu wanita yang beruntung tersebut bernama Xu dari Cina. Xu mulai merasakan cinta tulus dari Liu sejak mereka mulai menikah. Hal itu terbukti dari keseharian dari Liu memperlakukan Xu. Bahkan Liu selama lebih dari setengah abad telah memahat 6000 lebih anak tangga yang diperuntukkan bagi istrinya. Dia bekerja seorang diri untuk membuat "tangga cinta" agar bisa digunakan oleh istrinya untuk turun ke bawah dari daerah gunung tempat mereka tinggal. Pasangan itu telah hidup bersama selama lebih dari 50 tahun sampai Liu meninggal di usia 72 tahun, ketika ia jatuh saat kembali dari pekerjaannya di kebun. Menurut Xiu, “Liu lebih banyak menunjukkan cintanya lewat perbuatan dibanding dengan ungkapan-ungkapan sayang kepada saya. Itulah sebabnya saya merasa tidak bisa hidup lagi tanpa Liu”. Tahun 2006, kisah ini bahkan menjadi salah satu dari 10 kisah cinta yang dikoleksi oleh Chinese Women Weekly.

Paulus sendiri pernah menasihatkan agar para suami senantiasa mengasihi isteri sama seperti Kristus mengasihi jemaat (Ay. 25, 28). Standarnya pun seperti Kristus telah mengasihi jemaat. Artinya para suami mengasihi tidak hanya dengan ucapan saja tetapi melalui tindakan kasih yang nyata (Bdg. Yoh. 3:16). Mulailah dengan rutin menciptakan komunikasi yang baik dengan istri. Utamakanlah untuk menjaga keutuhan rumah tangga dibandingkan dengan ego sendiri. Ingatlah, sebesar apapun masalah yang hadir, suami dan isteri telah dipersatukan oleh Kristus dan tidak mungkin dipisahkan oleh apapun kecuali maut. Apakah Anda selalu mengasihi istri Anda dan rela berkorban baginya?

Refleksi Diri
1. Mengapa Kristus memerintahkan para suami untuk mengasihi istri?
2. Sebutkan langkah-langkah Anda (suami) untuk mengasihi isteri?

Pokok Doa
Tuhan, terima kasih telah menganugerahkan pendamping hidup yang terbaik bagiku. Aku berdoa agar tiap keluarga Kristen pun senantiasa hidup saling mengasihi.

Kata - Kata Bijak
Standar kasih seorang suami kepada isteri seperti Kristus telah mengasihi jemaat.

Yang Harus Dilakukan
Mulailah membangun komunikasi rutin dan jujur dengan isteri Anda.

No comments: