Tuesday, November 08, 2016

LAWAN DARI IMAN ADALAH KEKUATIRAN

Selasa, 8 November 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Matius 6:25-34

Bacaan Alkitab satu tahun
1 Korintus 14:1-20; 2 Raja-raja 7-9

Ayat Hafalan
Matius 6:27, Siapakah di antara kamu yang karena kekuatirannya dapat menambahkan sehasta saja pada jalan hidupnya?

Renungan Inspirasi
Ada sebuah kisah nyata dari kehidupan seorang reformator Martin Luther. Suatu saat ia merasakan kekuatiran yang sangat mendalam sampai-sampai ia lupa bahwa Allah sanggup menolongnya. Pada suatu pagi ia melihat isterinya memakai pakaian hitam-hitam layaknya orang yang sedang berkabung. Luther bertanya "Siapa yang meninggal?". "Kamu belum tahu? Allah telah meninggal" jawab isterinya. "Bagaimana kamu bisa berkata seperti itu? Allah tidak mungkin mati. Ia hidup dalam kekekalan. Sungguh jahat kamu berkata seperti itu." Istrinya menjawab: "Lalu mengapa akhir-akhir ini kamu dihantui kekuatiran padahal Allah itu tetap hidup?" Saat itu juga Luther menjadi sadar betapa bijaksana isterinya menyampaikan bahwa selama ada Allah maka mereka tidak perlu kuatir berlebihan. Terkadang hal ini terjadi juga dalam kehidupan kita. Jujur, meskipun menyebut diri sebagai orang percaya tapi disatu sisi kita sering bergumul di area ini. Saat masalah bertubi-tubi hadir membuat kita merasa kuatir dan mempertanyakan kembali kehadiran Tuhan.

Dalam Alkitab Tuhan Yesus pernah mengajarkan kebenaran agar iman dari orang percaya tidak digerogoti oleh hal kekuatiran. Yesus mengatakan bahwa kekuatiran hanya akan membuang energi dari orang percaya (ay. 27). Bahkan ketika kekuatiran tidak segera disingkirkan, maka ia akan bermanifestasi menjadi rasa tidak percaya akan kekuasaan dan pemeliharaan Allah Bapa (ay. 32). Musuh dari iman adalah kekuatiran. Kita tidak mungkin beriman sambil kuatir. Kekuatiran tidak akan mungkin mendatangkan pertolongan Allah. Sebagai manusia, wajar kita memiliki perasaan kuatir. Tapi jangan biarkan diri kita terus dikuasai perasaan kuatir tersebut. Percayalah Tuhan selalu menyertai kita.

Refleksi Diri
1. Mengapa kekuatiran disebut musuh dari iman?
2. Apa akibatnya ketika membiarkan kekuatiran menguasai hidup orang  percaya?

Pokok Doa
Tuhan aku percaya bahwa  Engkau senantiasa ada untukku. Mulai hari ini aku mempercayakan hidup dan masa depanku ke dalam tangan-Mu.

Kata - Kata Bijak
Kekuatiran itu ibarat parasit yang hanya menggerogoti dengan perlahan iman kita.

Yang Harus Dilakukan
Mulailah senantiasa untuk  mempercayai janji-janji Tuhan dalam hidup Anda.

No comments: