Saturday, November 12, 2016

MEMBALAS KEJAHATAN DENGAN KEBAIKAN

Sabtu, 12 November 2016

Bacaan Alkitab hari ini
1 Petrus 3:8-22

Bacaan Alkitab satu tahun
1 Korintus 16; 2 Raja-raja 17-18

Ayat Hafalan
I Petrus 3:9, Dan janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan, atau caci maki dengan caci maki, tetapi sebaliknya, hendaklah kamu memberkati, karena untuk itulah kamu dipanggil, yaitu untuk memperoleh berkat.

Renungan Inspirasi
Mungkin Anda sering mendengar ungkapan my attitude is depends on how you treat me atau sikap saya tergantung dari bagaimana Anda memperlakukan saya. Hal ini mungkin alasan Susan Dianne Eubanks membunuh keempat anaknya, Brandon (14), Austin (7), Brigham (6) dan Matthew (4),  pada tanggal 26 Oktober 1997 di California. Lima hari usai melakukan aksinya, Susan langsung divonis hukuman mati. Dalam persidangan, Susan mengakui melakukan aksi itu karena ingin membalas perilaku suaminya. “Saya sengaja melakukannya karena ia sering sekali memukul saya bahkan tidak pernah memberikan nafkah bagi keluarga. Saya membalas dengan membunuh anak-anak, biar suami saya menderita seumur hidup” tuturnya. Sebagai anak Tuhan, sikap kita tidak ditentukan oleh sikap orang lain. Namun dasar kita bersikap adalah sesuai dengan apa yang diajarkan oleh Firman Tuhan.

Dalam hidup ini kadang kita tidak bisa menghindari ketika ada orang yang berlaku jahat kepada kita. Apalagi orang tersebut adalah orang dekat dengan kita. Menurut sebuah penelitian dari beberapa ahli psikologi, seseorang akan lebih berpotensi sakit hati mendalam apabila yang melakukannya adalah orang terdekat. Sebagai orang percaya kita perlu belajar lebih mendengarkan perintah Firman Tuhan daripada suara hati untuk membalas. Kita harus memahami, kadang lewat masalah tersebut karakter minus kita sedang dibentuk oleh Tuhan. Kita tidak boleh terpancing untuk membalas, sebaliknya doakanlah agar mereka mengalami pertobatan (ay. 9). Memang saat melakukannya tidak mudah tapi percayalah Tuhan selalu menyertai orang yang melakukan Firman-Nya. Mari ukirlah sejarah di dalam hidup Anda, dengan menjadi orang hebat yang membalas kejahatan dengan kebaikan.

Refleksi Diri
1. Mengapa Rasul Petrus menasihatkan untuk tidak membalas kejahatan (ay. 9-12)?
2. Bagaimana cara Anda menanggapi saat orang berbuat jahat kepada Anda?

Pokok Doa
Tuhan mampukanlah aku untuk belajar tidak membalas kejahatan orang lain. Melainkan menyerahkan perkara tersebut kepada Engkau, Tuhan yang Maha Adil.

Kata - Kata Bijak
Apakah upahnya bila Anda hanya berbuat baik kepada orang yang baik?

Yang Harus Dilakukan
Mintalah kekuatan dari Roh Kudus saat Anda memilih untuk tetap berbuat baik.

No comments: