Friday, November 11, 2016

MEMILIKI SAAT TEDUH BERSAMA TUHAN

Jumat, 11 November 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Markus 1:35-39
Bacaan Alkitab satu tahun
1 Korintus 15:20-58; 2 Raja-raja 15-16

Ayat Hafalan
Markus 1:35, Pagi-pagi benar, waktu hari masih gelap, Ia bangun dan pergi ke luar. Ia pergi ke tempat yang sunyi dan berdoa di sana.

Renungan Inspirasi
Hampir sebagian besar orang ketika ingin melepas rasa lelahnya memilih berada di tempat yang sunyi dan tenang. Sunyi membuat kita bisa jadi berpikir lebih tajam karena tak terganggu oleh apa pun. Alhasil, masalah kadang dapat diselesaikan hanya dari berdiam diri di tempat sunyi saja. Tapi, di dunia ini tak ada tempat yang benar-benar sunyi. Bahkan penjara yang identik dengan senyap pun nyatanya lebih berisik dari yang kita duga. Akan tetapi beberapa waktu yang lalu diberitakan oleh berbagai media, bahwa telah ditemukan tempat yang paling sunyi di dunia. Tempat itu adalah Anechoic Chamber, Amerika. Di sini, kita dapat merasakan ketenangan yang luar biasa. Saking tenangnya, kita bisa mendengar sendiri hembusan napas, detak jantung, bahkan aliran darah kita.
Tuhan Yesus Kristus selama berada di muka bumi, Dia senantiasa mencari tempat sunyi dan mengambil waktu untuk berdoa kepada Bapa di surga (ay. 35). Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Selain Yesus ingin menjaga komunikasi dengan Bapa, alasan lainnya adalah Ia sedang memberikan contoh kepada para murid untuk senantiasa berdoa. Yesus menyadari saat Ia berdoa itu adalah cara membuat Dia semakin mengerti kehendak Bapa. Sebagai orang percaya, kita pun harus meneladani apa yang dilakukan oleh Tuhan Yesus yaitu memiliki jam khusus dengan Tuhan (saat teduh). Karena banyak keuntungan di dalam saat teduh. Antara lain: kita senantiasa diingatkan hal apa yang perlu diperbaiki di dalam hidup kita. Bahkan Tuhan kadang berbicara di dalam hati kita lewat saat teduh. Orang yang melakukan saat teduh adalah orang yang mengakui bahwa ia membutuhkan Tuhan di dalam hidupnya. Mari bangunlah hubungan Anda dengan Tuhan mulai dari saat ini.

Refleksi Diri
1. Mengapa Yesus perlu melakukan saat teduh dengan Bapa?
2. Apa saja keuntungan yang Anda dapatkan melalui saat teduh?

Pokok Doa
Tuhan aku mau belajar untuk selalu rajin bersaat teduh. Karena dengan saat teduh aku bisa semakin mengerti kehendak-Mu.

Kata - Kata Bijak
Waktu kita melakukan saat teduh adalah waktu kita menerima kekuatan dari Bapa di Sorga.

Yang Harus Dilakukan
Aturlah waktu Anda tiap hari untuk melakukan saat teduh bersama Tuhan.

No comments: