Saturday, November 26, 2016

MENJADI SAHABAT YANG BAIK

Sabtu, 26 November 2016

Bacaan Alkitab hari ini
1 Samuel 18:1-30

Bacaan Alkitab satu tahun
2 Korintus 13; 2 Tawarikh 1-3

Ayat Hafalan
1 Samuel 18:1,Ketika Daud habis berbicara dengan Saul, berpadulah jiwa Yonatan dengan jiwa Daud; dan Yonatan mengasihi dia seperti jiwanya sendiri.

Renungan Inspirasi
Jumat, 20 Juli 2012, menjadi salah satu malam yang paling mengerikan di dalam sejarah Amerika Serikat. Saat seorang pemuda berumur 24 tahun bernama James Holmes memuntahkan peluru dari senjatanya ke arah penonton bioskop, saat penayangan perdana film Batman: The Dark Knight Rises di Teater Film Century Aurora 16, Denver, Colorado. Dua belas orang tewas seketika, sementara 59 lainnya mengalami luka serius. Tragedi penembakan di Aurora tersebut meninggalkan kisah heroik mengenai tiga orang pria yang tewas (Teves, Jon Blunk dan Matt McQueen) demi melindungi sahabatnya. Ketika penembakan berlangsung, mereka bertiga tanpa berpikir panjang langsung melindungi tubuh sahabat masing-masing yang duduk disamping mereka. "Mereka rela mengorbankan diri mereka hanya demi kami," ujar Jansen. Dalam sebuah sesi wawancara televisi.

Di dalam Alkitab, persahabatan yang baik juga ditunjukkan oleh Yonatan dan Daud. Ketika ayahnya, Saul, berniat membunuh Daud, Yonatan membantu Daud untuk melarikan diri. Persahabatan Daud dan Yonatan merupakan persahabatan yang luar biasa. Di zaman saat ini, sepertinya sulit menemukan sahabat seperti itu. Tapi kita dapat mulai belajar menjadi sahabat yang baik. Ciri-ciri dari seorang sahabat yaitu selalu ada bagi temannya saat mengalami masalah. Mereka akan rela menempatkan kepentingan sahabatnya lebih utama dibanding dirinya sendiri (bdg. Yoh. 15:13). Bahkan tak pernah menimbang untung-rugi dalam melakukan kebaikan. Hari ini Jika Anda ingin mendapatkan sahabat yang baik, maka sepantasnya juga Anda belajar menjadi sahabat yang baik. Apakah Anda sudah memiliki sahabat di dalam Tuhan?

Refleksi Diri
1. Mengapa Jonathan rela berkorban demi Daud ?
2. Sebutkan ciri-ciri sahabat yang baik di dalam Tuhan?

Pokok Doa
Tuhan Yesus terima kasih karena telah memberikan contoh menjadi seorang sahabat yang baik, yang tidak mementingkan diri-Mu sendiri.

Kata - Kata Bijak
Sahabat sejati adalah orang yang setia memberi dukungan sekuat tenaga kepada temannya.

Yang Harus Dilakukan
Berdoalah minta hikmat Tuhan untuk menjadi seorang sahabat yang baik.

No comments: