Friday, November 25, 2016

MESKIPUN DIBUANG TETAP BERSINAR

Jumat, 25 November 2016

Bacaan Alkitab hari ini
Kejadian 50:1-26

Bacaan Alkitab satu tahun
2 Korintus 12; 1 Tawarikh 28-29

Ayat Hafalan
Kejadian 50:20,Memang kamu telah mereka-rekakan yang jahat terhadap aku, tetapi Allah telah mereka-rekakannya untuk kebaikan, dengan maksud melakukan seperti yang terjadi sekarang ini, yakni memelihara hidup suatu bangsa yang besar.

Renungan Inspirasi
Dilansir dari Wikipedia.org. Tito Karnavian adalah bintang yang sedang bersinar terang di jajaran perwira tinggi Kepolisian. Lulusan terbaik Akademi Kepolisian (Akpol) 1987. Memimpin Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror, ia berhasil melumpuhkan gembong teroris Dr. Azahari di Batu, Malang (2005), meringkus aktor intelektual dibalik konflik Poso (2007), dan membongkar jaringan teroris pimpinan Noordin Moch Top (2009). Menduduki jabatan Deputi Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Namun di puncak kariernya, Tito justru “dilempar” ke Papua tahun 2012 dan menjadi Kapolda. Jauh dari pemberitaan media. Resiko kehilangan nyawa semakin tinggi karena sering terjadi penembakan gelap oleh kelompok Papua Merdeka. Tahun 2014 Tito kembali ditarik ke Jakarta menjadi Asisten Kapolri Bidang Perencanaan Umum. Pada tanggal 12 Juni 2015, Kapolri Jenderal Badrodin Haiti melantiknya sebagai Kapolda Metro Jaya. Puncaknya tanggal 15 Juni 2016, Jokowi menunjuk Tito sebagai Kapolri, posisi penting di negeri ini.

Di Alkitab, kita bisa melihat Yusuf. Yusuf adalah fenomena menarik dalam keluarga besar Yakub. Dia adalah salah satu contoh orang yang meskipun berkali-kali dibuang tetapi senantiasa bersinar. Hingga akhirnya lewat anugerah Tuhan, dia memperoleh posisi yang sangat penting di Mesir (ay. 38-50). Seringkali saat kita diperlakukan tidak adil oleh orang lain, kita merasa tidak ada yang membela kita. Percayalah, Tuhan punya jutaan cara untuk mengangkat hidup kita. Hanya saja kita perlu bersabar untuk menanti pertolongan Tuhan. Yakinlah meski orang lain selalu merencanakan hal yang jahat, tetapi Tuhan berkuasa membalikkan akhir dari cerita hidup kita. Hari ini, apakah Anda sedang merasa terbuang?

Refleksi Diri
1. Mengapa terkadang Tuhan mengijinkan Anda berada di posisi terpuruk?
2. Hal apa yang Anda harus lakukan saat Anda di posisi seperti “terbuang”?

Pokok Doa
Tuhan terima kasih buat janji-Mu karena apapun yang terjadi, aku percaya dibalik semuanya Engkau selalu memiliki rencana yang indah.

Kata - Kata Bijak
Orang pilihan Tuhan akan selalu bersinar di manapun dia berada.

Yang Harus Dilakukan
Tetaplah berbuat yang terbaik meski Anda berada di posisi yang tidak menguntungkan.

No comments: