Saturday, November 19, 2016

MILIKILAH HATI SEPERTI YESUS

Sabtu, 19 November 2016

Bacaan Alkitab hari ini
1 Yohanes 3:16-18

Bacaan Alkitab satu tahun
2 Korintus 7; 1 Tawarikh 10-12

Ayat Hafalan
I Yohanes 3:16, Demikianlah kita ketahui kasih Kristus, yaitu bahwa Ia telah menyerahkan nyawa-Nya untuk kita; jadi kitapun wajib menyerahkan nyawa kita untuk saudara-saudara kita.

Renungan Inspirasi
Seorang dokter yang berhati mulia, seperti halnya dokter Jim Whiters sangat jarang ditemui. Jim Whiters adalah seorang dokter di Pittsburgh, Pennsylvania yang rela berdandan di malam hari layaknya seorang gelandangan.  Setiap malam, ia mengenakan pakaian lusuh sambil membawa tas usang dan berkeliling kota bersama rekannya Mike Sallows, seorang mantan gelandangan.  Ia melakukannya  supaya dapat mengobati para tunawisma yang ditemuinya  di jalan bila sedang menderita sakit. Jim menyadari masih banyak tunawisma  yang tidak mendapatkan  layanan kesehatan yang semestinya.  Ternyata, Jim telah melakukan hal ini sejak tahun 1992, dan diperkirakan ia sudah mengobati lebih 1.200 orang setiap tahun. Kemudian ia mendirikan yayasan nirlaba Operation Safety Net yang merupakan bagian dari Pittsburgh Mercy Health System. Hingga kini, sudah lebih dari 90 negara yang mengembangkan unit kesehatan jalanan. Jim telah belajar memiliki hati seperti Yesus yaitu rela berkorban untuk orang lain.

Rasul Yohanes pun pernah menuliskan hal mengenai perbuatan kasih seperti yang Yesus lakukan (ay. 16). Di dunia ini, orang Kristen harus terkenal cara hidupnya yang memancarkan kasih kepada sesama manusia. Tapi pada kenyataannya, tidak semua kita telah mengasihi orang lain dengan sungguh. Bahkan ada yang mengasihi apabila ia telah menerima perbuatan kasih terlebih dahulu. Marilah belajar memiliki hati seperti Yesus. Ia telah mengasihi kita dengan tulus bahkan mengorbankan diri-Nya sendiri. Hari ini, maukah Anda belajar mengasihi seperti cara Yesus mengasihi Anda?

Refleksi Diri
1. Menurut Anda mengapa Yesus rela mengorbankan diri-Nya bagi manusia?
2. Sikap apa yang Tuhan Yesus ingin Anda lakukan kepada orang lain?

Pokok Doa
Tuhan ajarkan pribadiku agar senantisa memiliki kasih yang besar kepada orang lain.

Kata - Kata Bijak
Jika kita sungguh mengasihi Tuhan Yesus, kasihilah orang lain dengan sungguh.

Yang Harus Dilakukan
Latihlah diri Anda untuk terbiasa mengasihi mulai dari sekeliling Anda.

No comments: